Startup Ini Akan Gunakan Balon Besar untuk Ajak Turis ke Tepi Atmosfer Bumi

Dini Listiyani ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 16:19 WIB
Startup Ini Akan Gunakan Balon Besar untuk Ajak Turis ke Tepi Atmosfer Bumi

Spaceship Neptune (Foto: Space Perspective)

CALIFORNIA, iNews.id - Sebuah startup berencana membawa turis luar angkasa ke tepi atmosfer Bumi. Space Perspective berencana meluncurkan wahana balon bernama Neptune dari Space Florida.

Trip menggunakan balon akan memakan waktu enam jam. Selama dua jam di antaranya para turis antariksa akan diajak ke batas luar angkasa, 100.000 kaki di atas permukaan.

“Diterbangkan oleh pilot, Neptune membutuhkan hingga delapan penumpang yang disebut ‘Explorer’ dalam perjalanan enam jam ke tepi luar angkasa dan kembali dengan aman,” kata Space Perspective yang dikutip dari Slash Gears, Sabtu (20/6/2020).

Spaceship Neptune adalah kombinasi balon dan kapsul berperforma tinggi. Balon adalah sampul hidrogen setinggi 650 kaki, yang selama dua jam akan mengangkat kapsul bertekanan di mana pilot dan Explorer naik.

Namun, pengalamannya akan jauh dari perjalanan menggunakan pesawat biasa. Pasalnya, kapsul akan dirancang seperti teras mewah dengan refreshment bar dan toilet.

Space Perspective menyebutkan kapsul cukup lapang untuk melangsungkan kegiatan seperti pernikahan atau acara lainnya. Spaceship Neptune juga mempunyai langit-langit gelembung dan jendela 360 derajat akan membiarkan penumpangnya melihat panorama penuh.

Perjalanan balon bukan hanya diisi penumpang saja. Perusahaan juga berencana untuk memuat penelitian dalam balon. 

Spaceship Neptune diperkirakan mulai uji penerbangan pada 2021. Wahana ini juga sudah mendapat pemesanan payload penelitian meskipun penerbangan berpenumpang memerlukan sekitar 3 tahun lagi untuk debut.

 

Editor : Dini Listiyani