Sundar Pichai Jadi CEO Alphabet dan Google, Ini Pendapatan yang Diterimanya

Dini Listiyani ยท Senin, 23 Desember 2019 - 13:15 WIB
Sundar Pichai Jadi CEO Alphabet dan Google, Ini Pendapatan yang Diterimanya

CEO Google Sundar Pichai (Foto: The Verge)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - CEO Google Sundar Pichai mendapatkan promosi awal bulan ini usai co-founder Larry Page dan Sergey Brin menyerahkan kendali Alphabet Inc kepadanya. Dengan memiliki dua peran, tentu saja bayaran Pichai pun berubah.

Dikutip dari The Verge, Senin (23/12/2019), kompensasi Pichai berubah untuk mencerminkan peran rangkapnya sebagai CEO Alphabet dan Google. Menurut Bloomberg, yang mengutip pengajuan keuangan, Pichai diberikan paket saham 240 juta dolar AS atau Rp3,3 triliun di luar gaji tahunan senilai 2 juta dolar AS atau Rp27,9 miliar yang berlaku pada 2020.

Paket saham terkait dengan metrik kinerja dan akan dibayarkan selama kurun waktu tiga tahun. Menurut Bloomberg, Pichai dapat menghasilkan tambahan 90 juta dolar AS saham Alphabet yang tertunda terkait dengan S&P 100 Index.

Pichai sendiri sudah menjelma sebagai salah satu eksekutif bayaran tertinggi di Silicon Valley usai memegang jabatan CEO Google sejak 2015. Gajinya tahun lalu mencapai 1,8 juta dolar AS atau sekitar Rp25 miliar dan sebelum itu bos Google dilaporkan menghasilkan 650.000 dolar AS setahun atau setara Rp9 miliar.

Namun, Pichai menerima banyak hibah saham selama satu dekade terakhir. Pichai menerima hibah saham terakhir pada 2016 dan dia menghasilkan begitu banyak uang, sehingga Pichai menolak hibah saham tambahan tahun lalu.

Meskipun Pichai menjadi salah satu eksekutif dengan bayaran tertinggi di bidang teknologi, keyaan bersihnya tidak seberapa dibandingkan dengan Page dan Brin. Keduanya memiliki sekitar 6 persen Alphabet dan masing-masing memiliki kekayaan bersih senilai 65 milar dolar AS dan 63 miliar dolar AS.


Editor : Dini Listiyani