Larry Page dan Sergey Brin Mundur, Sundar Pichai Jadi CEO Google dan Alphabet

Dini Listiyani · Rabu, 04 Desember 2019 - 09:00 WIB
Larry Page dan Sergey Brin Mundur, Sundar Pichai Jadi CEO Google dan Alphabet

CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai (Foto: Cnet)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Co-founder Google, Larry Page dan Sergey Brin membuat pengumuman mengejutkan. Keduanya memutuskan untuk mundur dari peran mereka saat ini di Alphabet Inc., perusahaan induk Google.

Larry Page dan Sergey Brin mengumumkan dalam postingan blog hari ini mereka akan menyerahkan kendali atas perusahaan induk mesin pencari terbesar di dunia, Alphabet kepada CEO Google Sundar Pichai.

Untuk diketahui Brin telah menjabat sebagai President dan Page CEO Alphabet, raksasa yang membawahi YouTube, Waymo, dan Verily sejak didirikan pada 2015. Alphabet saat ini adalah perusahaan ketiga yang paling kaya di dunia.

"Dengan Alphabet yang sudah mapan, dan Google serta Bets operationg secara efektif sebagai perusahaan independen, ini adalah waktunya untuk menyederhanakan struktur manajemen kami. Kami tidak pernah menjadi orang yang memegang peran manajemen saat kami berpikir ada cara yang lebih baik untuk menjalankan perusahaan. Alphabet dan Google tidak lagi membutuhkan dua CEO dan seorang President. Ke depan, Sundar akan menjadi CEO Google dan Alphabet," kata Brin dan Page dalam surat bersamanya yang dikutip dari The Verge, Rabu (4/12/2019).

Lebih lanjut Brin dan Page menjelaskan, Pichai akan menjadi eksekutif yang bertanggung jawab untuk memimpin Google dan mengelola investasi Alphabet dalam portofolio dari Other Bets. Meski mundur dari peran masing-masing, Brin dan Page akan tetap berada di Alphabet.

"Kami sangat berkomitmen pada Google dan Alphabet untuk jangka panjang dan akan tetap aktif terlibat sebagai anggota Dewan, pemegang saham, dan co-founder. Selain itu, kami berencana untuk terus berbicara dengan Sundar secara teratur, terutama tentang topik yang kami sukai," ujarnya.

Dalam sebuah e-mail yang dikirim ke karyawan dan diterbitkan bersama Page serta Brin, Pichai menekankan perubahan akan berdampak kecil atau bahkan tidak sama sekali terhadap bagaimana Google beroperasi sehari-hari.

"Saya ingin memperjelas transisi ini tidak akan memengaruhi struktur Alphabet atau pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari. Saya akan menjadi sangat fokus pada Google dan pekerjaan mendalam yang kami lakukan untuk mendorong batas-batas komputasi dan membangun Google yang lebih bermanfaat bagi semua orang,"tulis Pichai.

Pada saat yang sama, kata Pichai, dia bersemangat mengenai Alphabet dan fokus jangka panjangnya dalam mengatasi tantangan besar melalui teknologi.


Editor : Dini Listiyani