Teknologi Cetak 3D Digunakan untuk Bikin Steak Nabati

Dini Listiyani ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 14:08 WIB
Teknologi Cetak 3D Digunakan untuk Bikin Steak Nabati

Daging steak (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Startup asal Israel bernama Redefine Meat telah menciptakan alternatif daging. Menariknya, perusahaan rintisan ini menciptakan alaternatif menggunakan teknologi cetak 3D.

Menurut Reuters, Redefine Meat akan meluncurkan teknologi cetak 3D untuk menghasilkan steak realistis menggunakan bahan nabati tahun depan. Steak akan dibuat seperti daging sapi asli, tapi tanpa masalah lingkungan dan penderitaan terkait dengan protein hewani yang sebenarnya.

Printer 3D diperlukan untuk meniru struktur otot daging yang sebenarnya. Dengan kata lain, teknologi menawarkan tekstur yang lebih realistis yang dapat menarik pencinta daging.

Menurut CEO Redefine Meat, mesin-mesin itu akan memproduksi sekitar 44lbs daging setiap tahun mulai 2021. Jumlah akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Rabu (1/7/2020).

Steak palsu pertama-pertama akan diuji dengan konsumen di high restaurant sebelum menghasilkan produksi dan distribusi yang lebih besar. Bila semua sesuai rencana, Redefine Meat memulai meluncurkan produknya ke distributor daging tahun depan.

Minat masyarakat terhadap produk makanan nabati telah meroket selama beberapa tahun terakhir. Konsumen semakin melaporkan mereka bersedia setidaknya mencoba daging palsu.

Secara histori, pilihan vegetarian ini kurang menarik dalam segi rasa dan tesktur. Tapi, perkembangan baru telah membuka jalan bagi produk yang lebih realistis.

Editor : Dini Listiyani