Tes Baru Facebook, Mungkinkan Orang untuk Memiliki hingga 5 Profil

Dini Listiyani · Jumat, 15 Juli 2022 - 09:01:00 WIB
Tes Baru Facebook, Mungkinkan Orang untuk Memiliki hingga 5 Profil
Tes Baru Facebook, Mungkinkan Orang untuk Memiliki hingga 5 Profil (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Facebook akan mengizinkan beberapa pengguna memiliki sejumlah profile sebagai bagian dari pengujian. Perusahaan mengumumkan ini menandakan perubahan besar karena Meta mencari cara baru untuk mendorong pengguna tetap berada di platform di tengah meningkatnya persaingan.

Sebagai bagaian dari pengujian, sejumlah pengguna Facebook akan memiliki kemampuan untuk membuat hingga empat profile tambahan yang terkait dengan akun asli mereka. Idenya adalah profil tambahan dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda, seperti satu untuk teman, satu rekan kerja, dan lainnya guna berinteraksi dengan kelompok minat dan influencer. 

Pengguna akan tetap memiliki satu akun tapi dapat beralih antar profil dengan beberapa klik saja. Menurut juru bicara Leonard Lam, profil akan tunduk pada kebijakan Facebook dan pelanggaran pada satu profil akan memengaruhi akun secara keseluruhan. 

“Untuk membantu orang menyesuaikan pengalaman mereka berdasarkan minat dan hubungan, kami menguji cara agar orang memiliki lebih dari satu profil yang terikat ke satu akun Facebook. Siapa pun yang menggunakan Facebook harus terus mengikuti aturan kami,” kata Lam sebagaimana dikutip dari The Verge. 

Pengguna yang membuat profil tambahan tidak perlu menggunakan identitas asli mereka untuk nama tampilan mereka, kata Lam, selama pengganti tidak melanggar kebijakan platform dan tidak menyertakan angka atau karakter khusus. Aturan Facebook pemegang akun harus menggunakan nama yang mereka gunakan dalam kehidupan nyata telah menjadi perdebatan selama bertahun-tahun, bahkan mendorong tindakan hukum di Jerman.

Pergeseran Facebook dari satu profil terjadi ketika platform berjuang untuk mempertahankan pengguna, terutama anak muda, karena ancaman eksistensial seperti TikTok terus tumbuh. Perusahaan kehilangan pengguna harian untuk pertama kalinya dalam sejarah perusahaan pada kuartal keempat 2021.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda