TikTok Tawarkan Pembelian Produk Sponsor Langsung di Dalam Aplikasi
SAN FRANCISCO, iNews.id - TikTok, platform video pendek yang didominasi oleh remaja sekarang bergerak ke konten yang disponsori. TikTok saat ini akan membiarkan viewers membeli produk yang terkait dengan tagar yang disponsori tanpa meninggalkan aplikasi.
Dijuluki sebagai Hashtag Challange Plus, fitur baru memungkinkan perusahaan yang menjalankan kampanye influencer di TikTok untuk langsung menjual produk ke pengguna lain. Kroger menjadi perusahaan pertama yang menguji fitur baru pada akhir pekan lalu dengan tagar #TransformUrDorm challenge.
Pengguna TikTok diminta mengunggah video sebelum dan sesudah asrama dirombak. Mereka juga diundang untuk membeli produk seperti pemanggang roti dan pembuat popcorn melalui halaman merek Kroger khusus pada aplikasi TikTok. Tagar #TransformUrDorm sekarang mempunyai 447 juta view di ratusan video yang berbeda.
TikTok telah bereksperimen dengan kampanye influencer mereka sendiri di aplikasi. Seperti dicatat Buzzfeed dalam profil baru-baru ini, influencer TikTok telah didekati oleh label musik untuk menggunakan lagu-lagu tertentu dalam video mereka.
Merek kecantikan juga menggunakan TikTok untuk mengerucutkan pasar di bawah 24 tahun. Menurut Glossy, Sephora dan TooFaced telah meluncurkan kampanye pada aplikasi dalam beberapa minggu terakhir.
Mengutip Engadget, Selasa (20/8/2019), langkah TikTok memasuki dunia e-commerce terbilang berani. Karena aplikasi mempunyai cakupan internasional dan didominasi anak muda, tentu saja dapat menarik para pengiklan.
Sama seperti Instagram pada 2013 sebelum munculnya post yang disponsori dan iklan bertarget, TikTok tetap menjadi salah satu tempat di dunia internet yang bebas iklan bagi kaum muda. Dengan hadirnya tagar sponsor dan halaman merek khusus, kemungkinan semuanya akan berubah.
Editor: Dini Listiyani