Tips Mudah Pesan Tiket Kereta via Online

Dani M Dahwilani · Jumat, 23 Maret 2018 - 22:55:00 WIB
Tips Mudah Pesan Tiket Kereta via Online
Layanan pemesanan secara online mempermudah konsumen dalam memesan tiket, tanpa perlu jauh-jauh datang ke stasiun atau agen perjalanan. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Memasuki era digital, sejumlah perusahaan berlomba meningkatkan layanannya. Untuk memberikan kemudahan mereka berinovasi mengembangkan layanan melalui sistem online.

Salah satu perusahaan yang telah menerapkan sistem ini adalah PT Kereta Api Indonesia (KAI). Layanan pemesanan secara online mempermudah konsumen dalam memesan tiket, tanpa perlu jauh-jauh datang ke stasiun atau agen perjalanan.

Calon penumpang cukup membuka komputer atau ponsel untuk memesan tiket. Apalagi memasuki musim liburan atau menjelang Hari Raya Lebaran, ini menjadi solusi bagi masyarakat yang akan berpergian ke luar kota.

Namun, bagi orang yang belum terbiasa melakukan transaksi online hal ini mungkin membingungkan. Bagi Anda yang belum pernah bertransaksi melalui sistem ini, berikut cara mudah membeli tiket kereta secara online?

Siapkan Data Penumpang

Untuk membeli tiket secara online maupun offline, Anda memerlukan identitas lengkap mulai dari nama hingga nomor tanda pengenal yang dipergunakan (KTP/SIM). Agar tidak memperlambat proses pembelian, siapkan semua data sebelum mulai mencari tiket lewat internet.

Pilih Web atau Aplikasi Terpercaya

Banyak website yang menyediakan jasa jual beli tiket kereta api, namun tidak semuanya terpercaya. Agar perjalananmu nyaman dan tiket pasti di tangan, pilihlah agen perjalanan online terpercaya.

Selain mudah untuk mendapatkan tiket, Traveloka juga menyediakan berbagai opsi cara pembayaran yang bisa kamu pilih. Cara check in di stasiun pun lebih mudah dengan sistem barcode tiket yang diberikan oleh Traveloka kepada penumpang.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Sukses tidaknya transaksi kamu bisa dipengaruhi oleh kecepatan jaringan internet. Untuk menghindari kegagalan atau masalah pada transaksi, sebaiknya lakukan pembelian tiket online ketika koneksi internet sedang stabil. Langkah paling mudahnya adalah membeli di malam hari, ketika tidak banyak orang menggunakan internet.

Beli Jauh Hari

Sejak H-90 keberangkatan, Anda sudah bisa memesan tiket kereta api secara online. Semakin jauh waktu pemesanan dengan tanggal keberangkatan, makin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan tiket sesuai kelas dan posisi tempat duduk yang kamu inginkan.

Kehabisan Tiket Kereta?

Jangan sedih dulu kalau tiket kereta incaran Anda habis bahkan sejak jauh hari sebelum keberangkatan. Karena masih ada alternatif lain yang bisa kamu ambil, yaitu berburu tiket kereta lanjutan.

Apa itu kereta lanjutan? Ini adalah perjalanan dengan dua kereta yang transit di kota tertentu. Dengan kota tujuan yang sama, Anda bisa menempuhnya dengan dua kereta yang rutenya saling bersinggungan.

Kereta lanjutan bisa menjadi pilihan ketika Anda kehabisan tiket kereta langsung. Bisa pula jadi solusi ketika tidak tersedia rute langsung ke kota yang Anda kunjungi, seperti tujuan Jakarta ke Banyuwangi.

Tanpa perlu cek satu per satu rute dan jadwal masing-masing kereta, beberapa pilihan rute kereta lanjutan bisa kamu dapatkan dengan sekali langkah mudah di Traveloka. Kamu juga hanya perlu sekali membayar transaksi untuk dua tiket sekaligus. Lebih mudah dan praktis, dan memperbesar kemungkinan kamu dapat tiket ke kota tujuan.

Hal yang membedakan kereta lanjutan dengan kereta reguler adalah waktu tempuh yang lebih lama. Perbedaan waktu tempuh ini tergantung pada masing-masing waktu transit di stasiun pemberhentian pertama. Biasanya berkisar antara dua hingga tujuh jam, tergantung dengan rute dan jadwal kereta yang Anda naiki.

Tiket kereta lanjutan ini juga bisa Anda beli secara online. Langkahnya pun seperti membeli tiket reguler. Hanya saja, nanti Anda akan dapat dua, bukan hanya satu tiket kereta api.

Editor : Dani Dahwilani