Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Komdigi Minta Google Hapus 8 Aplikasi Matel yang Sebar Data Debitur 
Advertisement . Scroll to see content

Tren Konsumsi Berita Selama Pandemi, Konten Kegiatan di Rumah Pikat Pembaca di Bawah 25 Tahun

Kamis, 11 Juni 2020 - 10:31:00 WIB
Tren Konsumsi Berita Selama Pandemi, Konten Kegiatan di Rumah Pikat Pembaca di Bawah 25 Tahun
Ilustrasi smartphone (Foto: Unsplash)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Guna menekan penyebaran, pemeritah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Dengan banyaknya orang beraktivitas di rumah selama pandemi Covid-19 terlihat peningkatan intensitas masyarakat dalam mengkonsumsi berita online. Baca Berita atau lebih dikenal BaBe adalah platform distribusi berita telah melihat tren yang berbeda dalam konsumsi berita.

Laporan Digital Around the World 2020 pada April diterbitkan oleh We Are Social dan mengungkapkan, ada perubahan dalam perilaku digital. Sebanyak 76 persen pengguna internet berusia 16-64 tahun menghabiskan lebih banyak waktu di smartphone.

Nah, dari survei pengguna dan analisis platform yang dilakukan belum lama ini, BaBe menemukan beberapa tren terkait. Pertama, sebanyak 92,6 persen pengguna menyatakan keprihatinan atas pandemi Covid-19.

Survei juga menunjukkan, lebih dari 85 persen pengguna melihat berita dan informasi mengenai Covid-19 selama lebih dari sekali sehari. Selain itu, berita terkait dengan Covid-19 yang paling populer mecakup peraturan dan dukungan pemerintah, gejala-gejala, tips, tindakan pencegahan kesehatan, serta data terbaru mengenai pandemi.

Survei juga menunjukkan, topil paling menarik tentang Covid-19 dengan sebagian besar komentar dari pengguna mencakup paraturan pemerintah mengenai Covid-19, kabar baik yang membawa harapan baru misalnya inovasi medis, terkait perkembangan temuan vaksin, alat tes, dan lainnya untuk mengatasi penanganan virus.

Secara umum, pengguna juga lebih memerhatikan konten ringan seperti topik hiburan, keluarga, dan hubungan pasangan. Untuk pengguna di bawah 25 tahun, konten yang membahas kegiatan di rumah lebih menarik dibandingkan user di atas 46 tahun yang lebih suka membaca mengenai alaisis dari para ahli serta profesional ketika Covid-19.

“Pada situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini, sebagai platform distribusi berita dan konten, BaBe berupaya untuk menyediakan informasi yang kredibel dan tempat bagi pengguna untuk berbagi. Dari pembaruan harian dengan peta interaktif dan statistik data secara real-time, hingga saluran #DiRumahAja yang menyediakan berita dan hiburan gratis bagi pengguna, kami berharap dapat membantu para pengguna untuk tetap mendapatkan informasi yang bermanfaat dan selalu berpikir positif selama berjuang melawan krisis pandemi," kata Senior Business Development Manager, BaBe-Baca Berita Shelly Tantri dalam keterangan yang diterima iNews.id, Kamis (11/6/2020).

Dalam beberapa bulan terakhir, BaBe telah meluncurkan beberapa inisiatif termasuk BaBe 1 on 1, program talkshow dengan mengundang berbagai tokoh publik sebagai narasumber ahli, misalnya Gubernur Jawa Tengah, Duta Besar Republik Indonesia di Vietnam, dan masih banyak lagi.

Selain itu, BaBe menjalin kemitraan bersama Palang Merah Indonesia dan Benih Baik dalam mendukung gerakan sosial satu juta kotak masker, serta menyediakan saluran khusus BaBe #DiRumahAja yang menyediakan berita dan hiburan bagi pengguna.

Editor: Dini Listiyani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut