Ulang Tahun ke-30, LPPOM MUI Luncurkan Pelayanan Serba Digital

Siska Permata Sari ยท Rabu, 16 Januari 2019 - 14:58 WIB
Ulang Tahun ke-30, LPPOM MUI Luncurkan Pelayanan Serba Digital

LPPOM MUI meluncurkan pelayanan serba digital. (Foto: iNews.id/Felldy A Utama)

JAKARTA, iNews.id - Di zaman serba digital dan modern seperti saat ini, masyarakat menginginkan pelayanan yang mudah dalam segala hal. Tepat di perayaan ulang tahun ke-30 tahun, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) meluncurkan sejumlah pelayanan halal.

Direktur LPPOM MUI, Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si, sebagai tuan rumah memaparkan, sejak pertama kali berdiri pada 6 Januari 1989, LPPOM MUI terus berusaha meningkatkan pelayanan di berbagai lini. Salah satunya adalah meluncurkan pelayanan digital yang memudahkan masyarakat, misalnya dalam mengurus sertifikasi halal.

"Pada usia ke-30 tahun ini, LPPOM MUI juga melakukan atau me-launching aplikasi proses sertifikasi halal, sehingga proses sertifikasi halal bisa dilakukan lebih cepat, harapannya," kata Lukmanul Hakim di perayaan ulang tahun LPPOM MUI ke-30 tahun, Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Aplikasi yang dimaksud merupakan Layanan Sertifikasi Halal Online (CEROL-SS23000) versi 3.0 yang dapat memberikan pengalaman baru dalam mendaftarkan sertifikat halal dengan fitur baru, dilengkapi menu tabulasi, pop up form, penjadwalan, dan monitoring yang real time.

Selain itu, LPPOM MUI juga meluncurkan aplikasi-aplikasi digital lain seperti Aplikasi Halal MUI versi 3.0, yang hadir dengan fitur baru, menu baru resto halal, dan beragam update informasi terbaru terkait halal.

Kemudian ada QR Code Halal Resto versi 2.0, ini adalah QR LPPOM yang fungsinya tidak hanya verifikasi halal saja, tetapi dapat dimanfaatkan oleh mitra fintech atau penyelenggara pembayaran dalam memberikan layanan transaksi cashless di restoran yang telah bersertifikat halal.

Terakhir, ada layanan digital berupa Online Payment LPPOM MUI Provinsi untuk UMKM. Dengan ini, mitra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk dapat memanfaatkan pembayaran online yang lebih mudah, cepat, dan aman.

Tak hanya peluncuran pelayanan serba digital, di ulang tahun ke-30 ini, LPPOM MUI juga merilis Buku HAS 23000. Buku ini berisi tentang pengetahuan titik kritis kehalalan bahan obat, persyaratan sertifikasi halal industri pengolahan umum, persyaratan sertifikasi halal industri produk olahan daging, persyaratan sertifikasi halal restoran, dan persyaratan sertifikasi halal industri Obat.

"Semoga capaian kinerja dan jalinan kerja sama LPPOM MUI dengan berbagai pihak dapat semakin meningkatkan pelayanan LPPOM MUI sebagai lembaga halal terkemuka di dunia," ucapnya.


Editor : Tuty Ocktaviany