Waspada, Hack WhatsApp Ini Bisa Kunci Anda dari Akun

Dini Listiyani · Sabtu, 17 April 2021 - 14:17:00 WIB
 Waspada, Hack WhatsApp Ini Bisa Kunci Anda dari Akun
Waspada, Hack WhatsApp Ini Bisa Kunci Anda dari Akun (Foto: Unsplash)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Cara WhatsApp memverifikasi akun pemiliknya salah satunya melalui nomor telepon. Namun, sistem ini tampaknya dapat berdampak negatif pada akun pengguna. 

Pada dasarnya, nomor yang Anda gunakan untuk memverifikasi akun Anda harus sama dengan yang digunakan pada telepon. Namun, menurut penelitian keamaan Luis Marquez Carpintero dan Ernesto Canales Perena, sistem ini terbuka untuk penyalahgunaan yang dapat berdampak negatif pada akun Anda.

Bagaimana cara kerjanya? Sejatinya, saat menyiapkan akun baru, Anda memasukkan nomor dan WhatsApp akan mengirimkan kode satu kali yang perlu Anda masukkan, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (17/4/2021).

Namun, hacker dapat berulang kali menggunakan sistem ini dan meminta kode serta spam akun Anda hingga akun ditangguhkan selama 12 jam. Sepenuhnya sebenarnya bukan kesalahan Anda sendiri.

Hacker kemudian dapat mengirim e-mail ke WhatsApp yang mengklaim mereka kehilangan smartphone atau dicuri. Lalu, kemudian meminta agar penguncian diperpanjang. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2