WhatsApp Beri Penjelasan soal Aturan Privasi Terbaru

Fikri Kurniawan ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 19:09:00 WIB
WhatsApp Beri Penjelasan soal Aturan Privasi Terbaru
WhatsApp Beri Penjelasan soal Aturan Privasi Terbaru (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - WhatsApp telah mengeluarkan aturan baru. Dalam aturan itu, WhatsApp dikabarkan akan membagikan data penggunanya ke Facebook, sebagai induk perusahaan.

Menanggapi hal tersebut, WhatsApp memberikan klarifikasi terkait informasi yang beredar. Aplikasi pesan itu menjelaskan, sejak 2016 WhatsApp telah membagikan sejumlah data terbatas dengan Facebook di ranah backend, khususnya untuk kebutuhan infrastruktur. Menurut WhatsApp, tidak ada perubahan di kebijakan terbarunya.

Kemudian, pembaruan aturan ini berfokus pada perpesanan bisnis. WhatsApp memperjelas akun bisnis kini dapat menggunakan infrastruktur hosting Facebook untuk chat WhatsApp-nya.

Artinya, percakapan dengan bisnis tersebut dapat disimpan di server Facebook, dan bisnislah yang menentukan bagaimana mereka menggunakan atau membagikan informasi tersebut. Tak hanya itu, pengguna masih bebas memilih apakah mereka mau berinteraksi dengan bisnis tersebut atau tidak.

Poin penting yang digaris bawahi adalah aturan terbaru WhatsApp tidak mempengaruhi percakapan personal dan privat di luar konteks bisnis tersebut. Semua percakapan ini masih akan terenkripsi end-to-end. WhatsApp maupun Facebook tidak bisa mengaksesnya.

"Pembaruan ini adalah tentang perpesanan bisnis. Tidak ada perubahan dalam berbagi data dengan Facebook untuk obrolan non-bisnis dan informasi akun. Terkait dengan pesan bisnis, kami tidak mewajibkan pengguna untuk berbagi data," jelas WhatsApp Indonesia dalam pernyataannya kepada Sindonews, Jumat (8/1/2021).

Pada poin lainnya, WhatsApp mengakui pengguna tidak bisa lanjut menggunakan layanannya jika tidak menyetujui pembaruan aturan ini. Tapi akunnya masih akan tetap aktif, sehingga pengguna dapat memilih untuk menyetujui pembaruan di kemudian hari.

Seperti aplikasi lainnya, pengguna perlu menyepakati Terms & Conditions untuk dapat menggunakan layanan yang diberikan aplikasi tersebut. Pengguna WhatsApp memiliki 30 hari sejak diterimanya notifikasi untuk menyetujui pembaruan tersebut jika ingin terus menggunakan layanan chat dan telepon WhatsApp.

Jika tidak setuju dengan pembaruan aturan, pengguna tetap bisa membuka atau mengakses WhatsApp, misalnya untuk cek chat history (bisa dicek apabila ada back up device juga), tetapi tidak bisa menikmati layanan chat atau telepon.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2