WhatsApp Business Kini Punya Fitur Katalog Belanja

Dini Listiyani ยท Sabtu, 09 November 2019 - 14:37 WIB
WhatsApp Business Kini Punya Fitur Katalog Belanja

WhatsApp Business kini punya fitur katalog belanja (Foto: WhatsApp)

JAKARTA, iNews.id - WhatsApp memperkenalkan fitur baru untuk penggunanya. Fitur dijuluki sebagai Catalog dan akan memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pemilik bisnis melalui aplikasi, serta menelusuri produk mereka.

Fitur Catalog sangat berguna bagi para pelaku usaha yang menjalankan bisnisnya lewat online. Catalog adalah etalase seluler bagi bisnis untuk memamerkan dan membagikan barang-barang mereka, sehingga orang dapat dengan mudah menelusuri serta menemukan sesuatu yang ingin dibeli.

Sebelumnya, pelaku bisnis harus mengirim foto produk satu per satu dan berulang kali mengirimkan informasi. Dengan fitur baru, pelanggan dapat melihat katalog lengkap mereka langsung di WhatsApp tanpa perlu meminta foto satu per satu.

Dikutip dari blog WhatsApp, Sabtu (9/11/2019), untuk setiap item dalam katalognya, sebuah bisnis dapat menambahkan informasi terkait produk, termasuk harga, deskripsi, dan kodenya. WhatsApp meng-host katalog ini untuk menghemat ruang penyimpanan di ponsel pemilik bisnis.

Langkah WhatsApp ini membuat pemilik bisnis terlihat lebih profesional dan pelanggan yang terlibat di dalam chat tidak perlu mengunjungi website-nya.

Untuk membuat katalog belanja di WhatsApp tidak susah. Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp Business, lalu tiga titik di pojok kanan atas dan pergi ke Settings.

Selanjutnya, tap Business settings dan select Catalog. Kemudian, tambahkan product atau service. Tap ikon plus dan tambahkan gambar produk yang ingin dipamerkan.

Fitur Catalog sudah tersedia mulai hari ini bagi pengguna aplikasi WhatsApp Business di Android dan iPhone di Brasil, Jerman, India, Indonesia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS). Layanan pesan instan ini akan segera meluncurkan fitur Catalogs di seluruh dunia.


Editor : Dini Listiyani