WhatsApp Perbaiki Kerentanan yang Ditemukan di Versi Desktop

Dini Listiyani ยท Jumat, 07 Februari 2020 - 12:15 WIB
WhatsApp Perbaiki Kerentanan yang Ditemukan di Versi Desktop

WhatsApp (Foto: Pixabay/Webster2703)

JAKARTA, iNews.id - Peneliti keamanan siber telah menemukan kerentanan pada WhatsApp versi desktop. Namun, WhatsApp telah memperbaiki masalah kerentanan tersebut sejak pertengahan Desember lalu.

"WhatsApp selalu bekerja sama dengan pakar riset keamanan untuk mencegah risiko ancaman di sisi pengguna. Dalam hal ini, kami telah mengatasi masalah yang secara teori dapat memengaruhi pengguna iPhone yang membuat tautan berbahaya saat menggunakan WhatsApp di desktop mereka. Bug atau celah keamanan ini sudah kami tangani dan tidak berlaku lagi sejak pertengahan Desember lalu," kata perwakilan WhatsApp Indonesia kepada iNews.id, Jumat (7/2/2020).

Diberitakan sebelumnya, peneliti keamanan telah menemukan kerentanan di WhatsApp versi desktop. Kerentanan memungkinkan penyerang memasukkan JavaScript dalam pesan dan mengakses file dari jarak jauh.

Software ini menjalankan rilis yang lebih lama dari mesin web Chromium Google, dengan kelemahan diketahui membuatnya relatif mudah tergelincir dalam kode jahat. Tidak akan sulit mengubah pesan, mencari dokumen sensitif, atau menginstal malware tambahan.

kerentanan keamanan memengaruhi software desktop WhatsApp dari versi 0.3.9309 dan sebelumnya. Selain itu, orang-orang yang memasangkan aplikasi dengan edisi iOS WhatsApp sebelum 2.20.10 juga bisa terpengaruh.

Facebook membangun WhatsApp pada Electron framework yang membuatnya lebih mudah untuk menghadirkan aplikasi multi-platform berdasarkan teknologi web. Seperti yang dijelaskan Ars Technica, Electron tidak aman jika aplikasi didasarkan pada mesin web yang sudah ketinggalan zaman.

Oleh karena itu, pengguna perlu mengunduh software versi terbaru dan tetap waspada terhadap staying current. Dengan begitu, pesan baru benar-benar aman.

Editor : Dini Listiyani