YouTube Sembunyikan Jumlah Dislike di Video, Angka Hanya Bisa Dilihat Private

Dini Listiyani · Kamis, 11 November 2021 - 14:08:00 WIB
YouTube Sembunyikan Jumlah Dislike di Video, Angka Hanya Bisa Dilihat Private
YouTube Sembunyikan Jumlah Dislike di Video, Angka Hanya Bisa Dilihat Private (Foto: Unsplash)

MENLO PARK, iNews.id - Eksperimen YouTube dengan menyembunyikan dislikes tampaknya berhasil. Layanan ini meluncurkan perubahan yang akan membuat jumlah dislike menjadi private untuk video di YouTube. 

Perubahan itu terjadi saat YouTube menghadapi pengawasan ketat atas konten beracun di platform dan keluhan dari pembuat konten yang mengunggah video  mereka ke situs. Beberapa orang yang menjadi sasaran ujaran kebencian dan informasi yang salah mengatakan kepada perusahaan jumlah dislike dapat memengaruhi kesejahteraan mereka. 

Dengan perubahan, perusahaan tidak akan mencantumkan jumlah downvote pada video, meskipun pembuat konten masih dapat melihat jumlahnya secara private. Dalam pengujiannya, YouTube mengatakan menemukan banyak channel yang lebih kecil terkena segerombolan dislike. 

Serangan itu dapat merugikan pembuat konten karena jumlah dislike yang tinggi dapat memengaruhi cara YouTube membagikan rekomendasi video. Sebelumnya, pembuat konten hanya memiliki opsi menonaktifkan jumlah likes dan dislike, yang membuat mereka tidak dapat menampilkan angka untuk video dengan banyak likes. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: