YouTube Uji Iklan di Shorts, Hasil Awal Menggembirakan

JAKARTA, iNews.id - YouTube mulai menguji iklan di Shorts, fitur video pendek yang diperkenalkan perusahaan pada 2020 mirip dengan yang ditawarkan TikTok dan Instagram.
Menurut kepala bisnis Google Philipp Schindler, perusahaan secara khusus bereskperimen dengan iklan pemasangan aplikasi dan promosi lainnya. Sementara itu CFO Alphabet Ruth Porat mengatakan perusahaan mengalami sedikit hambatan terhadap pertumbuhan pendapatan mengingat penayangan Short tumbuh sebagai persentase dari total waktu YouTube.
"Kami sedang menguji monetisasi pada film pendek dan feed back serta hasil awal pengiklan sangat menggembirakan," katanya sebagaimana dikutip dari The Verge.
Menurut Google, YouTube's Shorts menghasilkan 30 miliar tampilan harian, empat kali lipat dari tahun lalu. Sementara itu, pertumbuhan pendapatan iklan YouTube naik, mencapai 6,86 miliar dolar AS, menurut laporan pendapatan kuartal pertama, tetapi itu di bawah ekspektasi analis.
Situs berbagi video itu mengatakan juga menyaksikan penurunan iklan tanggapan langsung, seperti kampanye pemasangan aplikasi. Berita itu muncul setelah YouTube memperkenalkan dana pembuat 100 juta dolar AS untuk Shorts tahun lalu, berharap untuk memikat pembuat konten untuk menggunakan platformnya.