Dini Listiyani · Kamis, 06 Oktober 2022 - 15:05:00 WIB
Apa Itu Black Hole Supermasif?
Apa Itu Black Hole Supermasif?  (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Teleskop luar angkasa Event Horizon telah memotret black hole supermasif di jantung Galaksi Bima Sakti. Lubang hitam dikenal sebagai Sagitarius A. Apa itu black hole supermasif?

Sagitarius A sulit difoto karena tidak ada cahaya atau materi yang dapat lolos dari pusaran gravitasinya di luar angkasa. Namun, Hubble berhasil mengambil gambar.

Gambarnya diambil jaringan delapan teleskop radio yang menjangkau dunia di Antartika, Spanyol, Chili, dan sekitarnya. Pengaturan global yang sama digunakan untuk mengambil foto black hole pertama pada 2019 – Messier 87, meskipun yang baru ada di galaksi kita sendiri.

“Lubang hitam Bima Sakti adalah target utama kami, itu adalah lubang hitam supermasif terdekat kami dan itulah alasan kami melakukan ini hal di tempat pertama. Sudah 100 tahun pencarian untuk hal-hal ini dan, secara ilmiah, ini adalah masalah besar," kata Astrofisikawan di University of Amsterdam dan co-chair dari EHT Science Council Prof Sera Markoff.

Pertanyaannya tetap, apa yang ada di luar batas cakrawala peristiwa? Sains memiliki beberapa teori, dan tidak, itu bukan alien. Memang apa itu black hole supermasif?

Apa Itu Black Hole Supermasif?

Planet besar, bintang sangat besar, black hole sangat besar, dan black hole supermasif sangat menakutkan dalam ukuran dan ruang lingkup. Sebuah lubang hitam supermasif berisi antara 100 ribu dan 10 miliar kali lebih banyak massa dibanding Matahari.

Pada 2022, ada lebih dari 150 black hole supermasif yang dikonfirmasi bersembunyi di kedalaman luar angkasa. Mereka biasanya ada di inti galaksi, dengan Sagitarius A tua ditemukan di galaksi sendiri.

Saat ini tidak diketahui bagaimana goliat intergalaksi terbentuk. Namun, diketahui black hole biasa terbentuk saat beberapa bintang masif meledak dan runtuh ke dalam dirinya sendiri, sebagaimana dikutip dari The Mirror.

Dihipotesiskan, black hole supermasif adalah hasil dari runtuhnya gas selama pembentukan galaksi. Sebagian besar astronom setuju pertambahan material menuju lubang hitam supermasif mendorong inti galaksi aktif dan jet galaksi.

Lokasi Tidak Terdeteksi