Astronom Temukan Bukti Adanya Black Hole Kecil

Dini Listiyani ยท Minggu, 03 November 2019 - 06:01 WIB
Astronom Temukan Bukti Adanya Black Hole Kecil

Ilustrasi (Foto: Slash Gears)

CALIFORNIA, iNews.id - Para peneliti dari Ohio State University telah menerbitkan studi baru yang merinci potensi keberadaan kelas baru black hole. Penemuan kelas baru akan membantu para astronom dalam misi menemukan dan membuat katalog black hole.

Black hole mempunyai daya tarik luar biasa pada segala sesuatu di sekitarnya. Black hole juga bisa menghancurkan planet-planet yang terlalu dekat dan banyak hal mematikan lainnya.

Sebagian besar black hole memiliki sekitar lima hingga 15 kali massa Matahari. Tapi, penemuan terbaru ini menempatkan angka massa tersebut setinggi 31.

Penemuan membuktikan black holes bisa lebih besar dari yang diketahui sebelumnya. Selain itu, studi terbaru juga menunjukkan ada kemungkinan kelas black hole ekstra kecil.

Para peneliti menyaring data melalui Apache Point Observatory Galactic Evolution Experiment (APOGEE) sebagai bagian dari pekerjaan mereka, mencari bukti bintang yang mengorbit di sekitar sesuatu. Pekerjaan menyempit menjadi bintang merah raksasa yang berdasarkan data, tampaknya mengorbit sesuatu.

Dikutip dari Slash Gears, Minggu (3/11/2019), namun, apa pun yang mengorbitnya, jauh lebih kecil dari black hole yang ditemukan di Galaksi Bima Sakti ini. Objek juga terlalu besar menjadi bintang neutron, yang terbentuk saat beberapa planet mati.

Setelah mengolah data, para ilmuwan percaya mereka menemukan black hole yang memiliki massa rendah sekitar 3,3 kali dari Matahari.

"Apa yang kami lakukan di sini adalah menemukan cara baru mencari black hole, tapi kami juga berpotensi mengidentifikasi salah satu yang pertama dari kelas baru black hole bermassa rendah yang sebelumnya tidak diketahui para astronom. Massa benda memberitahu kita tentang pembentukan dan evolusi mereka, dan mereka memberitahu kita tentang sifat mereka," kata penulis utama studi Todd Thompson.