Astronom Temukan Jejak Super-supernova Hancurkan Bintang Awal

Dini Listiyani · Kamis, 29 September 2022 - 08:26:00 WIB
Astronom Temukan Jejak Super-supernova Hancurkan Bintang Awal
Astronom Temukan Jejak Super-supernova Hancurkan Bintang Awal (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Para astronom telah menemukan jejak kimiawi salah satu bintang paling awal. Bintang lahir saat alam semesta baru berusia 100 juta tahun, yang meledak dalam super-supernova. 

Bintang-bintang generasi pertama yang dikenal sebagai Population III star mengakhiri hidup mereka dalam ledakan supernova titanic yang menyemai alam semesta dengan unsur-unsur kimia yang ditempa bintang selama masa hidup. Materi kemudian dimasukkan ke dalam bintang dan planet. 

Para astronom tidak dapat menemukan bukti langsung dari salah satu bintang paling awal, Population III stars hingga sekarang. Tim ilmuwan menggunakan teleskop Gemini Utara 8,1 meter di pulau Hawai'i untuk menganalisis quasar yang sangat jauh, objek super terang yang ditenagai black hole besar.

Para peneliti mampu menyimpulkan unsur-unsur kimia di awan dan menemukan rasio besi terhadap magnesium yang luar biasa tinggi, 10 kali lebih besar dari rasio yang sama di Matahari. Para astronom berpikir awan puing-puing hanyalah hasil dari bintang generasi pertama dengan massa 300 kali lebih besar dari Matahari yang meledak dalam supernova yang kuat yang disebut pair-instability supernova.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda