Data MRO Temukan Fakta Baru soal Timeline Air di Mars, Ini Penjelasannya

Dini Listiyani ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 08:07:00 WIB
Data MRO Temukan Fakta Baru soal Timeline Air di Mars, Ini Penjelasannya
Pentingnya Mengetahui Timeline Air di Mars, untuk Memahami Potensi Kelayakhunian Planet (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Para ilmuwan telah bekerja keras untuk mengungkap misteri air di Mars. Studi menggunakan data dari pesawat luar angkasa NASA Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) menunjukkan para ilmuwan perlu merevisi timeline yang diketahui untuk aliran air di Planet Merah.

Mars sekarang menjadi tempat kering dan berdebu. Para ilmuwan mengatakan Planet Merah pernah jauh lebih basah, tapi air menguap dari permukaan sekitar 3 miliar tahun lalu. Studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal AGU Advances akhir tahun lalu menemukan bukti air yang mengalir baru-baru ini 2 miliar hingga 2,5 miliar tahun yang lalu.

Timeline untuk air Mars penting untuk memahami potensi kelayakhunian planet ini. Menurut NASA, penemuan ini menimbulkan pertanyaan baru tentang berapa lama kehidupan mikroba bisa bertahan di Mars jika pernah terbentuk.

Di Bumi, setidaknya. di mana ada air, di sana ada kehidupan. Penjelajah Perseverance NASA misalnya sedang mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba di dalam dasar danau kuno. Air menguap sering kali meninggalkan tanda-tanda.

Dalam kasus Mars, tanda bisa berbentuk endapan garam klorida. Data MRO memungkinkan para peneliti memetakan beberapa endapan ini di wilayah Mars yang ditandai dengan kawah tumbukan, sebagaimana dikutip dari Cnet.

Halaman : 1 2