Dua Tanda Kimia Aneh Ditemukan di Mars

Okezone ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 22:05 WIB
Dua Tanda Kimia Aneh Ditemukan di Mars

Dua tanda kimia aneh ditemukan di Mars (Foto: ESA)

JAKARTA, iNews.id - Orbiter Mars yang dijalankan Badan Antariksa Eropa (ESA) telah menemukan dua tanda kimia di atmosfer Planet Merah. Dua tanda ditemukan oleh ESA’s Trace Gas Orbiter yang diluncurkan pada 2016.

Mengutip Space, penemuan ini bisa memecahkan misteri metana Mars yang sudah lama. Menurut para ilmuwan, yang aneh dari tanda deteksi ini adalah letak mereka yang berbasis, sehingga senyawa-senyawa ini dapat mengganggu para ilmuwan untuk mencari metana.

"Fitur-fitur ini membingungkan dan mengejutkan," Kevin Olsen, seorang ilmuwan planet di Universitas Oxford dan seorang peneliti pada proyek tersebut.

Para ilmuwan menganggap metana di Mars adalah sesuatu yang sangat menarik, karena metana di Bumi terbentuk dari proses geologis yang menghasilkan sedikit gas (yang sebagian besar berasal dari makhluk hiudp). Koneksi ini menjadikan metana sebagai biosignature potensial, penanda bahwa kehidupan mungkin ada di Mars.

Para peneliti secara tentatif mengidentifikasi metana di Planet Merah beberapa kali berbeda, termasuk berdasarkan data yang dikumpulkan oleh penjelajah Curiosity NASA dan oleh pengorbit ESA Mars Express. Akan tetapi, deteksi ini tidak jelas dan rumit, sering terjadi ketidakcocokan antara data yang dikumpulkan di lapangan dan pengamatan dari orbit.

Deteksi baru dari gas-gas ini, anehnya selaras dengan tempat para ilmuwan mencari metana. Menurut para ilmuwan, Hal ini dapat membantu menjelaskan mengapa pertanyaan metana di atmosfer Mars begitu sulit dijabarkan dan karenanya, karbon dioksida dan ozon jauh lebih umum di planet Merah daripada metana.