Dini Listiyani · Senin, 22 November 2021 - 07:02:00 WIB
Exoplanet Panas Ditemukan Mengorbit Dekat Bintangnya, Ukuran Lebih Besar dari Jupiter  (Foto: ESA)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Sekelompok astronom dari Physical Research Laboratory (PRL) di Ahmedabab, India telah menemukan sebuah exoplanet baru. Menariknya, Indian Space Research Organization (ISRO) mengatakan, satu tahun di sana berlangsung hanya beberapa hari saja.

Tim yang dipimpin Prof. Abhijit Chakraborty dari PRL melihat planet yang mengorbit bintang sekitar 1,5 kali massa Matahari dan terletak 725 tahun cahaya. Penemuan dilakukan menggunakan spektrograf serat optik PRL Advanced Radial-velocity Abu-Sky Search (PARAS).

"Pengukuran ini dilakukan antara Desember 2020 dan Maret 2021. Pengukuran tindak lanjut juga diperoleh dari spektrograf TCES dari Jerman pada April 2021, dan juga pengamatan fotometrik independen dari teleskop 43 sentimeter PRL di Gunung Abu," kata ISRO.

Planet yang disebut TOI 1789b atau HD 82139b ini berukuran sekitar 1,4 kali Jupiter, dengan sekitar 70 persen massanya. Planet juga mengorbit bintang induknya hanya dalam 3,2 hari, yang berarti dia sangat dekat dengan bintang - pada jarak hanya 0,05 kali jarak antara Bumi dan Matahari.

Jarak yang berdekatan dengan bintangnya membuat exoplanet menjadi jenis planet yang disebut Jupiter panas. Karena planet ini sangat dekat dengan bintangnya, dia mengalami suhu yang sangat tinggi hingga 2000 K (3140 Fahrenheit atau 1727 Celcius), yang cukup panas untuk melelehkan besi.

Halaman : 1 2