Fakta Area 51, Tempat Misterius yang Dikaitkan dengan UFO dan Alien

Dini Listiyani ยท Rabu, 08 Juni 2022 - 16:15:00 WIB
Fakta Area 51, Tempat Misterius yang Dikaitkan dengan UFO dan Alien
Fakta Area 51, Tempat Misterius yang Dikaitkan dengan UFO dan Alien (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Area 51 telah menjadi target teori konspirasi selama bertahun-tahun. Tapi, ada alasan mengatapa beberapa dari mitos disimpan sebagai rahasia yang dijaga ketat begitu lama. 

Pangkalan rahasia Area 51 digambarkan dalam budaya pop sebagai tempat yang terkait dengan alien dan UFO. Mengingat jajaran kamera keamanan, pos jaga, dan tanda peringatan yang berlimpah, tidak mengherankan banyak orang penasaran dengan apa yang terjadi di dalam tembok Area 51. 

Namun, menurut dokumen yang tidak diklasifikasikan melalui National Security Archive, alasan awal keberadaannya adalah sebagai tempat pengujian untuk pesawat eksperimental, jauh dari pengintaian. 

Sebelum dikenal sebagai tempat yang misterius, para pejabat menarik para pekerja dengan menyebutnya Paradise Ranch. Pada 2013, serangkaian dokumen yang dideklasifikasi diungkap kepada publik sesuai dengan Undang-Undang Kebebasan Informasi. 

Beruntung, ini tidak hanya membantu menjelaskan banyak misteri di sekitar Area 51, tapi juga menunjukkan upaya yang akan dilakukan pemerintah untuk menjauhkan masyarakat umum dari lingkaran. 

Mitos Area 51 Menjadi Besar
Beberapa mitos terbesar lebih bersifat terestrial yakni perang. Selama tahun 1950-an, Pemerintah AS memulai pengembangan pesawat siluman, yang kemudian dikenal sebagai Lockheed U-2. 

Itu bukan piring alien yang menentang gravitasi, melainkan, pesawat pengintai ketinggian tinggi yang dirancang untuk mencapai lebih dari 60.000 kaki untuk menghindari deteksi radar, menurut dokumen yang dideklasifikasi NSA. 

Salah satu misinya adalah terbang di atas Uni Soviet untuk mengumpulkan informasi selama Perang Dingin. Menurut informasi yang tidak diklasifikasikan, peningkatan aktivitas terjadi di Area 51 karena konstruksi dan penerbangan uji pesawat mata-mata, sebagaimana dikutip dari Slash Gears. 

Untuk menjaga kerahasiaannya, CIA hanya menyebut pesawat U-2 sebagai "artikel", sementara menggunakan kata "pengemudi" saat berbicara dengan pilotnya. 

Namun, penerbangan ujinya memiliki dampak yang tidak diinginkan. Menurut NSA, mereka menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam laporan UFO.

Kemampuan pesawat mata-mata untuk mencapai ketinggian yang luar biasa tinggi memperingatkan pesawat komersial, yang pada saat itu hanya terbang setinggi 20.000 kaki. 

Selain itu, desain perak U-2 yang ramping sering kali memantulkan sinar Matahari membuatnya tampak seperti benda asing yang bersinar bagi setiap penonton. Akhirnya, Angkatan Udara AS membentuk Operation Blue Book untuk mengumpulkan semua laporan tentang UFO, dan mampu menyanggah sebagian besar dari mereka sebagai sesuatu yang biasa.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda