Hasil Analisis Data Perseverance: Kawah Jezero Mars Pernah Menjadi Danau

Dini Listiyani · Senin, 11 Oktober 2021 - 16:10:00 WIB
 Hasil Analisis Data Perseverance: Kawah Jezero Mars Pernah Menjadi Danau
Hasil Analisis Data Perseverance: Kawah Jezero di Mars Pernah Menjadi Danau (Foto: NASA/JPL-Caltech/LANL/CNES/CNRS/ASU/MSSS)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Mars sekarang ini kondisinya kering dan tidak ramah kehidupan. Namun, miliaran tahun lalu, Planet Merah ini bisa saja mirip dengan Bumi, permukaannya dialiri air cair. 

Sekarang, analis data dari Perseverance rover mengonfirmasi, Jezero Crater, di mana rover saat ini sedang dijelajahi, dulunya adalah danau besar dan bahkan pernah mengalami banjir bandang. Kehadiran air mendukung kemungkinan kehidupan pernah berkembang di Mars. 

Analisis didasarkann pada gambar batu di sisi barat Jezero Crater, yang tampak seperti sungai delta. Di sini, lapisan sendimen diletakkan dalam bentuk kipas yang sangat mirip dengan sungai delta i Bumi, di mana sungai mengalir ke danau. 

Tim peneliti internasional menemukan lapisan sedimen mengonfirmasi keberadaan danau purba yang tenang sepanjang awal kehidupannya, tapi kemudian banjir secara dramatis, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.  

"Jika Anda melihat gambar-gambar ini, pada dasarnya Anda sedang menatap lanskap gurun yang epik. Ini adalah tempat paling menyedihkan yang pernah Anda kunjungi. Tidak ada setetes air pun, namun di sini kita memiliki bukti masa lalu yang sangat berbeda. Sesuatuyang sangat mendalam terjadi dalam sejarah planet ini," kata Profesor Ilmu Planet di Departemen Ilmu Bumi Benjamin Weiss. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: