Hubble Tangkap Fenomena Langka, Bintang Mengeluarkan Semburan Gas 

Dini Listiyani · Senin, 06 September 2021 - 16:07:00 WIB
Hubble Tangkap Fenomena Langka, Bintang Mengeluarkan Semburan Gas 
Hubble Tangkap Fenomena Langka, Bintang Mengeluarkan Semburan Gas  (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Gambar dari teleskop luar angkasa Hubble telah dibagikan NASA. Gambar itu adalah sepasang jet yang menyembur keluar dari bintang yang baru lahir, terbentuk saat bintang aktif mengeluarkan aliran gas terinonisasi. 

Fenomena kosmik yang tampak aneh ini adalah pemandangan langka yang disebut objek Herbig-Haro, dalam hal ini dijuluki HH111. Ilmuwan Hubble menuliskan, objek spektakuler ini berkembang dalam keadaan yang sangat spesifik, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.

"Bintang-bintang yang baru terbentuk seringkali sangat aktif, dan dalam beberapa kasus mereka mengeluarkan pancaran yang sangat sempit dari gas terionisasi yang bergerak cepat, gas yang sangat panas sehingga molekul dan atomnya kehilangan elektronnya, membuat gas menjadi sangat bermuatan," kata ilmuwan Hubble.

Lebih lanjut, ilmuwan Hubble menjelaskan, aliran gas terionisasi kemudian bertabrakan dengan awan gas dan debu yang mengelilingi bintang yang baru terbentuk dengan kecepatan ratusan mil per detik. Tabrakan energik inilah yang menciptakan objek Herbig-Haro seperti HH111, sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: