Hubungan Memanas, Apple Klaim Epic Minta Perlakuan Spesial

Dini Listiyani ยท Senin, 24 Agustus 2020 - 11:08:00 WIB
Hubungan Memanas, Apple Klaim Epic Minta Perlakuan Spesial
Fortnite (Foto: Epic Games)

CUPERTINO, iNews.id - Apple dan Epic Games hubungannya memanas. Kedua perusahaan teknologi ini saling serang terkait dengan potongan yang diambil Apple dari dari in-app purchase.

Posisi Epic memperjuangkan hak pengembang lain untuk membuat aplikasi tanpa Apple mengambil potongan besar-besaran dari in-app purchase. Tapi, Apple membantah sebaliknya.

Apple mengklaim, Epic telah mendekati perusahaan untuk meminta perlakuan spesial. Menurut Senior Vice President Phil Schiller pada 30 Juni, CEO Epic Tim Sweeney menulis e-mail kepada kolega Schiller.

"CEO Epic Time Sweeney menulis e-mail kepada kolega saya dan saya yang meminta surat tambahan dari Apple yang akan membuat kesepakatan khusus hanya untuk Epic yang secara fundamental akan mengubah cara Epic menawarkan aplikasi di platform iOS," kata Schiller yang dikutip dari Ubergizmo.

Namun, CEO Epic Tim Sweeney memohon untuk mendapat perbedaan. Dalam tweet, Sweeney menerbitkan e-mail yang dia kirim ke eksekutif Apple, di mana dia memang meminta Apple untuk mengizinkan Epic's store tersedia di iOS.

Pada dasranya akan seperti perlakukan khusus karena tidak ada etalase serupa lainnya yang tersedia. Dia juga mencatat, Sweeney berharap Apple juga membuat opsi ini tersedia secara merata untuk semua pengembang iOS.

Permintaan Epic tampaknya bertentangan dengan apa yang dikatakan Phil Schiller dari Apple sebelumnya. Ini adalah pertarungan hukum menarik karena beberapa orang berpendapat Epic seharusnya hanya mengikuti aturan jika mereka ingin menggunakan App Store. Sementara yang lain sepakat, mengambil potongan 30 persen terlalu banyak.

Editor : Dini Listiyani