Epic Games Gugat Apple atas Praktik Anti-Persaingan

Dini Listiyani ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 16:18:00 WIB
Epic Games Gugat Apple atas Praktik Anti-Persaingan
Fortnite (Foto: Epic Games)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Hubungan Epic Games dan Apple memanas. Epic Games melayangkan gugatan ke Apple atas praktik monopoli dan anti-persaingan terkait distribusi aplikasi untuk perangkat berlogo apel digigit ini.

Pengembang dan publisher Epic Games telah mengajukan gugatan terhadap Apple menyusul penghapusan game battle royale Fortnite dari App Store hari ini. Keluhan hukum, yang diajukan ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat berupaya untuk menetapkan App Store memonopoli.

Gugatan perdata meminta putusan sela ganti rugi untuk mengizinkan persaingan yang adil dalam distribusi aplikasi seluler. Epic secara efektif bertindak usai penghapusan Fortnite oleh Apple saat menerapkan sistem pemrosesan pembayaran sendiri ke dalam game versi iOS.

"Epic mengajukan gugatan ini untuk mengakhiri tindakan Apple yang tidak adil dan anti-persaingan yang dilakukan Apple untuk mempertahankan monopoli secara tidak sah di dua pasar bernilai miliaran dolar: (i) Pasar Distribusi Aplikasi iOS, dan (ii) Pemrosesan Pembayaran Dalam Aplikasi iOS Pasar (masing-masing seperti yang didefinisikan di bawah), " bunyi keluhan tersebut yang dikutip dari The Verge, Jumat (14/8/2020).

Menurut Epic, mereka tidak meminta kompensasi uang dari Pengadilan ini atas masalah yang dideritanya. Epic juga tidak mencari sesuatu yang menguntungkan untuk dirinya sendiri, sebuah perusahaan tunggal.

Sebaliknya, Epic mencari keputusan sela untuk memungkinkan persaingan yang adil di dua pasar utama ini yang secara langsung memengaruhi ratusan juta konsumen dan puluhan ribu, jika tidak lebih, dari pengembang aplikasi pihak ketiga.

Epic menuduh Apple memiliki monopoli dalam bentuk iPhone, ekosistem iOS, dan App Store yang mengikat mereka bersama. Apple juga dikatakan menempatkan pembatasan yang tidak masuk akal pada distribusi aplikasi iOS. Dalam keluhannya, Epic juga menuduh Apple menempatkan pembatasan yang tidak masuk akal pada pemrosesan pembayaran dalam aplikasi iOS.

Sebenarnya, Epic tidak mempermasalahkan Apple mengharuskan pengembang untuk menggunakan App Store. Namun, studio game menganggap Apple tidak adil karena mengharuskan menggunakan metode pembayarannya. Pada akhirnya akan memberi Apple 30 persen dari semua pendapatan dalam aplikasi pada barang digital yang membentuk keseluruhan model bisnis Fortnite.

Editor : Dini Listiyani