Ilmuwan Temukan Cara Berkomunikasi dengan Orang saat Bermimpi

Dini Listiyani · Senin, 22 Februari 2021 - 11:12:00 WIB
Ilmuwan Temukan Cara Berkomunikasi dengan Orang saat Bermimpi
Ilustrasi orang tidur (Foto: Unsplash)

CALIFORNIA, iNews.id - Mimpi sering dialami orang yang tidur. Apa yang terjadi saat manusia bermimpi? Mengapa otak manusia menciptakan skenario dan peristiwa di kepala? Bagaimana cara memilih apa yang ingin dilihat? Semua itu adalah pertanyaan seputar mimpi yang belum terjawab. 

Menurut peneliti di Universitas Northwestern, itulah pendekatan yang mereka tuju. Hal ini dilakukan saat orang tersebut mengalami lucid dream yaitu mimpi di mana si pemimpi sadar mereka sedang bermimpi dan mengklaim dapat benar-benar mengendalikan mimpinya sampai tingkat tertentu. 

Para peneliti memanfaatkan ini dengan mengajukan pertanyaan kepada pemimpi dan meminta mereka merespons dengan menggunakan gerakan mata atau kontraksi otot. Para peneliti menemukan mimpi dapat mengikuti instruksi serta dapat menjawab pertanyaan ya atau tidak, memecahkan persamaan matematika sederhana, dan juga dapat membedakan antara rangsangan sensorik visual dan rangsangan sensorik. 

Dikutip dari Ubergizmo, Senin (22/2/2021), menurut Karen Konkoly, ahli saraf kognitif di Northwestern, "Ini menunjukkan bahwa mungkin untuk dengan benar memahami rangsangan eksternal dan melakukan operasi yang diperlukan untuk menjawab, sambil tetap tertidur."

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2