ISS Sesuaikan Orbit untuk Hindari Puing-Puing Luar Angkasa

Dini Listiyani ยท Minggu, 27 September 2020 - 15:40:00 WIB
ISS Sesuaikan Orbit untuk Hindari Puing-Puing Luar Angkasa
ISS sesuaikan orbit untuk hindari puing-puing luar angkasa. (Foto: Slashgear)

SAN FRANCISCO, iNews.id - International Space Station (ISS) harus melakukan manuver penghindaran. Tujuannya untuk memastikan stasiun membersihkan puing-puing luar angkasa.

NASA melaporkan puing-puing lewat dalam beberapa mil dari stasiun. Tapi karena kehati-hatian, lintasan ISS diubah untuk memindahkannya lebih jauh dari objek, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Minggu (27/9/2020).

Selama manuver penghindaran, para astronot di ISS dipindahkan ke pesawat luar angkasa Soyuz. Anggota kru ditempatkan ke dalam pesawat luar angkasa jika mereka perlu dievakuasi selama manuver.

NASA mengatakan, waktu terdekat untuk mendekati puing-puing luar angkasa adalah pukul 2221 GMT. ISS saat ini mengorbit sekitar 260 mil di atas Bumi dan bergerak dengan kecepatan 17.130 mph.

Karena kecepatan orbit yang sangat tinggi, benda yang kecil dapat merusak panel surya atau komponen lain dari stasiun luar angkasa. Ini bukan pertama kalinya ISS dipaksa melakukan manuver penghindaran.

NASA mengatakan, itu terjadi secara teratur. Lalu manuver minggu lalu adalah yang ke-25 kalinya dilakukan antara 1999 dan 2018. Jika stasiun luar angkasa terkena dampak puing-puing yang mengorbit di luar angkasa, ada potensi kegagalan bencana komponen yang berpotensi membahayakan awak di stasiun luar angkasa.

Stasiun luar angkasa tampaknya tidak pernah dalam bahaya nyata saat ini. Kepala NASA Jim Bridenstine mengumumkan melalui Twitter pembakaran manuver telah berhasil diselesaikan dan para astronot keluar dari "tempat berlindung yang aman".

Tempat berlindung yang aman adalah modul Soyuz, tempat mereka bisa kembali ke Bumi dengan selamat jika mereka terpaksa dievakuasi.

Editor : Tuty Ocktaviany