Lander InSight NASA Deteksi 500 Gempa Mars

Dini Listiyani ยท Sabtu, 17 April 2021 - 09:32:00 WIB
Lander InSight NASA Deteksi 500 Gempa Mars
Lander InSight NASA Deteksi 500 Gempa Mars (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Lander NASA InSight telah mengamati lebih dari 500 gempa Mars sejak mendarat di Mars pada 2018. Namun, ada dua lubang mencolok di katalognya yakni lander belum mendeteksi adanya suara gemuruh besar.

"Kami mengharapkan beberapa gempa berkekuatan 4 skala Richter, dan bahkan mungkin berkekuatan 5 skala Richter pada saat ini, mengingat jumlah gempa yang lebih kecil," kata Bruce Banerdt, penyelidik utama InSight, kepada Insider.

Sebaliknya, sebagian besar gempa begitu tenang sehingga rata-rata orang California bahkan tidak menyadarinya. Empat gempa Mars terbesar yang dirasakan seismometer InSight berkisar antara 3,1 hingga 3,6.

Jadi ahli seismologi Mars mulai bingung. Entah tim InSight baru saja tidak beruntung, atau Mars tidak dapat menghasilkan gempa besar sama sekali. Untuk gempa besar, Banerdt berkata, "kami belum benar-benar tahu apa artinya itu."

Alasan para ilmuwan sangat tertarik dengan pergerakan Mars adalah karena mengukur gempa dapat mengungkapkan seperti apa bagian dalam planet itu. Sejauh ini, pembacaan Insight menunjukkan Mars mungkin memiliki lapisan mirip Bumi jauh di bawah keraknya, yang terbungkus kulit terluar seperti bulan yang dihancurkan oleh asteroid.

Tapi gempa yang sangat besar akan membantu para ilmuwan melihat jauh ke dalam inti Mars, yang dapat menghasilkan petunjuk tentang bagaimana planet itu lahir dan bagaimana mereka berevolusi dari waktu ke waktu. 

Pemahaman yang lebih baik tentang bagian dalam Mars bisa menjadi sangat penting dalam upaya kita untuk menemukan dunia lain yang mungkin menjadi tempat kehidupan.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2