Luar Angkasa Diisi Planet Pengembara, Teleskop Baru NASA Akan Bantu Mencarinya

Dini Listiyani ยท Selasa, 25 Agustus 2020 - 17:09 WIB
Luar Angkasa Diisi Planet Pengembara, Teleskop Baru NASA Akan Bantu Mencarinya

Rendering Nancy Grace Roman Telescope (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Di antara luar angkasa yang tampak tak berujung, kemungkinan ada dunia tidak terhitung jumlahnya. Benda-benda misterius ini, yang disebut planet pengembara di luar angkasa yang luas.

Di Tata Surya, Bumi dan semua planet saudaranya mengorbit mengelilingi Matahari, bermandikan kehangatan dan cahayanya. Di sisi lain, planet pengembara tidak terikat pada bintang manapun.

Planet pengembara hanyt sendirian melalui luar angkasa yang kosong, tidak memiliki apa-apa selain kegelapan. Mereka menyimpang begitu jauh dari cahaya bintang bahkan sangat sulit dilihat.

"Alam semesta bisa penuh dengan planet-planet pengembara dan kita bahkan tidak menyadarinya," kata astronom Scott Gaudi dari Ohio State University (OSU) yang dikutip dari Science Alert, Selasa (25/8/2020).

Para pengembara ini tidak akan bisa bersembunyi dari astronom lebih lama lagi. Dalam beberapa tahun ke depan, NASA akan meluncurkan Nancy Grace Roman Space Telescope, observatorium luar angkasa senilai 4 miliar dola AS.

Observatorium ini memiliki optik yang diharapkan memberikan astronom bidang pandang 100 kali lebih besar dari teleskop Hubble. Penglihatan teleskopik Roman yang ditingkatkan akan memulai generasi baru survei dan mempelajari exoplanet terikat.

Penelitian baru menunjukkan, itu akan menjelaskan lebih dari sedikit cahaya pada planet pengembara tersembunyi yang berkeliaran alias free-floating planetary-mass objects (FFPs). Dalam sebuah studi teoritis baru yang menyelidiki kemampuan teknologi dari Nancy Grace Roman Space Telescope, tim yang dipimpin oleh mahasiswa pascasarjana astronomi OSU, Samson Johnson memperkirakan, kemampuan misi NASA yang akan datang untuk mendeteksi FFP akan setidaknya 10 kali lebih besar dari yang mungkin saat ini.

"Ini memberi kita jendela ke dunia ini yang tidak akan kita miliki. Ada beberapa planet pengembara yang ditemukan, tetapi untuk mendapatkan gambaran lengkap, taruhan terbaik kita adalah sesuatu seperti Romawi. Ini adalah perbatasan yang sama sekali baru," kata Johnson.

Meskipun banyak yang belum dipahami tentang bagaimana planet-planet pengembara muncul, diperkirakan mereka mungkin terbentuk dalam cakram gas di sekitar bintang, sebelum terlempar dari sistem bintang mereka melalui gaya gravitasi. Mereka mungkin juga terbentuk dengan cara yang mirip dengan bagaimana bintang-bintang terbentuk, lahir ketika awan gas dan debu runtuh, hanya menghasilkan planet terisolasi bermassa rendah, bukan inti bintang.

Sejauh ini, mekanisme asal mula masih misterius. Tapi yang lebih jelas adalah bagaimana teleskop Romawi dapat melihat entitas ini melayang dalam kegelapan.

Ini terjadi ketika cahaya dari objek yang jauh seperti bintang melengkung melalui gaya gravitasi yang diberikan oleh objek masif, seperti planet. Ketika warping ini terjadi, cahaya dari bintang yang jauh menjadi lebih besar, memudahkan para ilmuwan untuk mengungkap informasi baru tentang objek masif di depannya, termasuk planet-planet pengembara yang mungkin tetap tidak terlihat sama sekali.

Pelensaan mikro gravitasi telah digunakan selama lebih dari tiga dekade. Tapi, dengan kemampuan teleskop Romawi diharapkan dapat mengungkap planet-planet pengembara dan gelap yang tidak pernah terlihat sebelumnya.

"Sinyal microlensing dari planet pengembara hanya berlangsung antara beberapa jam dan beberapa hari dan kemudian hilang selamanya. Hal ini membuat mereka sulit untuk diamati dari Bumi, bahkan dengan banyak teleskop. Roman adalah pengubah permainan untuk pencarian planet pengembara," kata astrofisikawan Matthew Penny dari Louisiana State University.

Sekarang, masih ada beberapa tahun sebelum Nancy Grace Roman Space Telescope dapat beroperasi dan menatap ke dalam kegelapan. Tapi, dengan misi yang dijadwalkan meluncur pada 2025, para astronom tidak perlu menunggu lama.