Mengenal Gerhana Matahari Cincin, Fenomena yang Akan Terjadi 21 Juni

Dini Listiyani ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 16:17 WIB
 Mengenal Gerhana Matahari Cincin, Fenomena yang Akan Terjadi 21 Juni

Gerhana Matahari Cincin akan terjadi 21 Juni (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNews.id - Gerhana Matahari Cincin akan menyapa penduduk Bumi pada 21 Juni 2020. Fenomena tersebut akan terlihat di sejumlah wilayah dunia, termasuk Asia.

Gerhana Matahari Cincin terjadi saat Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris. Pada saat itu, piringan Bulan yang teramati dan Bumi lebih kecil dibanding piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncuk gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin yakni gelap di bagian tengahnya dan terang di pinggirnya. Terdapat dua macam bayangan Bulan yang terbentuk saat Gerhana Matahari Cincin yakni antumbra dan penumbra.

Di wilayah antumbra, gerhana yang teramati akan berupa Gerhana Matahari Cincin. Sedangkan di wilayah yang terkena penumbra, gerhana yang teramatinya berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Dijelaskan dalam laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 mencakup Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, China, dan Samudera Pasifik.

Gerhana Matahari Cincin 21 Juni dapat diamati di Afrika bagian Utara dan Timur, Asia, Samudera India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Di Indonesia, Gerhana Matahari Cincin Sebagian akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi. Magnitudo terentang antara 0.000 di Kepanjen, Jawa Timur hingga 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Sementara, 83 pusat kota lainnya yakni dua kota Bengkulu, tujuh di Lampung, 10 kota Jawa Tengah, tujuh kota di Jawa Timur, serta semua kota di Jawa Barat (kecuali Indramayu), Banten, DKI Jakarta, dan Yogyakarta tidak akan dilalui gerhana ini. Pasalnya, nilai magnitudo gerhananya kurang dari 0. Oleh karena itu, fase gerhana di kota-kota ini tidak akan teramati.

Waktu kejadian gerhana di setiap lokasi akan berbeda-beda. Waktu mulai gerhananya paling awal adalah Sabang, Aceh yang terjadi pada sekitar pukul 13.16 WIB dan kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah Kepanjen, Jawa Timur yakni pukul 15.19 WIB.

Editor : Dini Listiyani