Mengenal Phobos, Bulan Terbesar Mars

Okezone ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 19:10 WIB
Mengenal Phobos, Bulan Terbesar Mars

Phobos (Foto: NASA Solar System Exploration)

CALIFORNIA, iNews.id - Mars mempunyai dua satelit alami yakni Phobos dan Deimos. Bulan terbesarnya, Phobos, secara kasar berbentuk seperti kentang dan memiliki kawah yang disebut Stickney.

Orbit Phobos begitu cepat sehingga akan terlihat bagi seorang pengamat. Phobos akan naik terlihat di arah barat dan terbenam di Timur sebanyak dua kali setiap hari Mars.

Phobos memiliki lapisan debu halus di permukaannya yang disebut "regolith" dan beberapa astronom memperkirakan bahwa bahan ini melayang keluar dari Phobos meninggalkan "ekor" yang sangat samar. Ia juga diyakini memiliki karakteristik mineralogi yang sama dengan asteroid tipe C.

Melansir Spacefacts, Phobos telah dipelajari oleh hampir semua misi yang telah berhasil menjelajahi Mars. Namun, belum ada misi langsung untuk mengeksplorasi Phobos, tetapi kelayakannya telah diselidiki beberapa kali.

Proyek yang paling baru didanai disebut Phobos and Demos & Mars Environment (PADME) dan akan diluncurkan ke Mars untuk kedatangan pada 2021.

Berbicara soal Mars, setidaknya ada tiga negara Juli 2020 mengirim misi ke Planet Merah. Terbaru, NASA mengirimkan rover ke Perseverance ke Mars untuk menjelajai planet tetangga Bumi tersebut.

Editor : Dini Listiyani