Mengintip Kehebatan Robot Penjelajah Mars NASA Perseverance

Sindonews ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 19:10 WIB
Mengintip Kehebatan Robot Penjelajah Mars NASA Perseverance

Rover Mars Perseverance (foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA telah meluncurkan roket menuju ke Mars. Roket tersebut mengangkut robot penjelajah bernama Perseverance ke Planet Merah pada 30 Juli 2020.

Roket bernama ULA (United Alliance Launch) Atlas Vmeluncur dari Space Launch Complex 41 di Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat. Waktu tempuh menuju Planet Mars dibutuhkan sekitar tujuh bulan.

Robot penjelajah tersebut, memiliki panjang tiga meter dengan bobot 1.025 kilogram dan dilengkapi dengan sebuah tangkai tangan serta enam roda. Kecepatan laju robot ini mencapai 152 meter per jam. Dikutip dari CNET, berikut beberapa komponen vital yang ada untuk mendukung misi rover Perseverance di Mars.

1. Mastcam-Z

Sistem kamera yang dipasang di tiang rover setara dengan fungsi mata pada manusia. Menurut NASA, tugas utamanya adalah mengambil video kualitas tinggi, warna panorama, dan gambar 3D dari permukaan Mars.

2. MOXIE

Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Equipment adalah alat yang membantu mempersiapkan manusia untuk pergi ke Mars. Alat ini dirancang untuk menghasilkan oksigen dari karbon dioksida pada udara Planet Mars. Fungsinya sebagai simulasi pengujian udara di Planet Merah, apakah memungkinan untuk mendukung kehidupan manusia.

3. SuperCam

Ini merupakan instrumen yang merupakan hasil kombinasi kamera, laser dan spektrometer. Instrumen ini akan membantu Perseverance mencari material organik, yang merupakan kunci untuk mencari tanda kehidupan purba. Alat ini bisa mengidentifikasi komposisi kimia dan mineral target sekecil ujung pensil dari jarak lebih dari 20 kaki

4. Sherloc

Scanning Habitable Environments with Raman & Luminescence for Organics & Chemicals alias Sherloc yang akan mencari bukti kehidupan di Planet Merah. Bersama kamera Watson, instrumen ini bisa mengambil foto mikroskopis dan menganalisanya. Dengan mengunakan laser, Sherloc juga akan bisa emngukur bahan kimia yang ada di tanah dan bebatuan menggunakan teknik spektroskopi.

5. Helikopter

NASA menciptakan helikopter kecil bernama Ingenuity yang akan melekat di badan Perseverance.

Editor : Dini Listiyani