Mengenal Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin

Intan Rakhmayanti Dewi ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 16:26:00 WIB
 Mengenal Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin
Mengenal Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Penduduk Bumi kali ini kehadiran fenomena Gerhana Matahari Cincin. Lantas bagaimana sebenarnya fenomena langka tersebut bisa terjadi?

Gerhana Matahari sendiri terjadi saat Bulan bergerak di antara Matahari dan Bumi. Dengan begitu bayangannya jatuh di Bumi dan menghalangi cahaya Matahari.

Sementara itu bentuk cincin terjadi akibat jarak Bulan yang berada cukup jauh dari orbit elipsnya. Artinya Bulan tidak akan sepenuhnya menutupi permukaan Matahari seperti saat Gerhana Matahari Total.

"Ini tidak akan terlihat seperti Matahari biasa," kata Jackie Faherty, astrofisikawan di American Museum of Natural History, dilansir dari laman Space, Kamis (10/6/2021).

Gerhana Matahari Cincin Api akan terlihat sempurna di garis lintang paling utara. Termasuk di wilayah Kutub Utara, sebagian Greenland dan Kanada.

Fenomena ini, kata Faherty, terbilang cukup keren sebab bayangan Bulan akan melewati Bumi. Khususnya akan terlihat di Kutub Utara, padahal menurutnya cukup jarang Gerhana Matahari yang bisa melewati wilayah tersebut.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2