Misi Matahari NASA Tangkap Gambar Menakjubkan, Begini Penampakannya

Dini Listiyani · Kamis, 30 Juni 2022 - 08:45:00 WIB
Misi Matahari NASA Tangkap Gambar Menakjubkan, Begini Penampakannya
Misi Matahari NASA Tangkap Gambar Menakjubkan (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Pesawat luar angkasa sungazing menangkap Bulan lewat di depan wajah Matahari. Solar Dynamics Observatory (SDO) NASA menangkap gerhana Matahari dari sudut pandang uniknya di luar angkasa, satu-satunya tempat di mana gerhana ini terlihat. 

"Pada puncak gerhana, Bulan menutupi 67 persen Matahari dan pegunungan Bulan diterangi api Matahari," kata SpaceWeather.com (buka di tab baru) Rabu pagi EDT.

SDO biasanya memandang Matahari sebagai sumber cuaca antariksa, atau radiasi di luar angkasa yang mempengaruhi Bumi. Aspek yang dipelajarinya meliputi medan magnet Matahari, bintik Matahari, dan aspek lain yang memengaruhi aktivitas selama siklus matahari 11 tahun reguler.

"SDO mempelajari bagaimana aktivitas matahari dibuat dan mendorong cuaca ruang angkasa. Pengukuran interior matahari, atmosfer, medan magnet, dan keluaran energi oleh pesawat ruang angkasa semuanya bekerja untuk membantu kita memahami bintang yang kita tinggali," tulis NASA (buka di tab baru) dari misi.

SDO diluncurkan pada Februari 2010 dan merupakan bagian dari jaringan pesawat ruang angkasa surya dari NASA dan agen mitranya, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Matahari akhir-akhir ini cukup aktif dan luar biasa di awal siklusnya, yang seharusnya mencapai puncaknya sekitar 2025.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda