Misi NASA Selanjutnya Akan Menuju Venus, Io, atau Triton

Dini Listiyani ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 13:30 WIB
Misi NASA Selanjutnya Akan Menuju Venus, Io, atau Triton

Venus, salah satu tujuan misi NASA selanjutnya (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA memberikan empat tim dana masing-masing senilai 3 juta dolar AS atau sekitar Rp41 miliar untuk membawa mimpi exoplanet mereka lebih dekat dengan kenyataan. Keempat tim tersebut membuat target misi sendiri.

Dua dari empat tim ilmuwan mengarahkan pandangan mereka ke Venus. Satu tim ilmuwan berfokus pada Bulan Io dan yang terakhir menargetkan ke Bulan Neptunus, Triton.

"Misi-misi terpilih ini memiliki potensi untuk mengubah pemahaman kita mengenai beberapa dunia tata surya yang paling aktif dan kompleks. Menjelajahi salah satu dari benda langit ini akan membantu membuka rahasia mengenai bagaimana mereka muncul di alam semesta," kata Associate Administrator of NASA’s Science Mission Directorate Thomas Zurbuchen yang dikutip dari The Verge, Jumat (14/2/2020).

Untuk diketahui, keempat tim ilmuwan yang diberikan dana adalah finalis untuk misi NASA kelas berikutnya. Misi kelas penemuan dianggap sebagai misi sains planet kecil NASA.

Proyek-proyek ini dapat menelan biaya tidak lebih dari 450 juta dolar AS dan dimaksudkan untuk melengkapi misi eksplorasi Tata Surya NASA yang lebih besar. Dan, ini termasuk misi midsized New Frontiers dan Solar System Exploration unggulan.

Dari empat tim yang sudah dipilih, hanya dua yang benar-benar akan didanai sepenuhnya. Dana senilai 3 juta dolar AS yang baru saja diberikan akan digunakan untuk mengembangkan rencana misi NASA.

Pada akhirnya, masing-masing tim akan memberikan NASA sebuah laporan penelitian dan menunggu untuk melihat mana di antara mereka yang benar-benar bagus. Keputusan akhir untuk mengetahui misi yang sepenuhnya didanai NASA diharapkan diketahui tahun depan.