Rover Mars 2020 NASA Akan Dilengkapi SuperCam

Dini Listiyani ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 05:12 WIB
Rover Mars 2020 NASA Akan Dilengkapi SuperCam

Rovor Mars 2020 NASA akan dilengkapi SuperCam. (Foto: Slashgear)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA meletakkan instrumen baru yang akan dikirim ke Planet Merah di atas rover Mars 2020. Instrumen yang dibicarakan NASA adalah SuperCam.

SuperCam dirancang untuk menembakkan laser ke batu sekitar 20 kaki jauhnya untuk diuapkan. Para ilmuwan akan mempelajari emisi batuan yang diuapkan guna menentukan apakah ada mineral yang terbentuk di air cair.

NASA sangat tertarik pada tanah liat, karbonat, dan sulfat. Dengan bantuan informasi dari SuperCam, para ilmuwan juga akan memutuskan apakah akan menangkap inti batuan dari sistem caching.

Dikutip dari Slash Gears, Kamis (13/2/2020), Mars 2020 akan mengumpulkan sampel-sampel inti dalam tabung logam dan menyimpannya di lokasi yang telah ditentukan untuk diambil misi selanjutnya.

SuperCam adalah ChemCam versi generasi baru yang ada di Curiosity rover. SuperCam menggunakan sinar laser IR untuk memanaskan material yang terkena dampaknya menjadi sekitar 18.000F. Metode ini disebut laser-induced breakdown spectroscopy (LIBS).

Selain menggunakan sinar laser IR, SuperCam juga sudah dibekali kecerdasan buatan (AI) untuk mencari batuan target yang layak uji selama perjalanannya di Mars. Kamera menggunakan AI yang ditingkatkan, memungkinkannya membidik fitur batuan dengan sangat tepat.

Laser hijau yang merupakan bagian dari SuperCam dapat menentukan komposisi molekul material permukaan. Sinar itu menarik ikatan kimia dalam sampel dan menghasilkan sinyal, tergantung pada elemen apa yang terikat bersama yang disebut Raman spectroscopy.

Laser sinar hijau juga dapat menyebabkan beberapa mineral dan material kimia berbasis karbon memancarkan cahaya atau fluoresce. SuperCam juga memiliki mikrofon yang memungkinkan para ilmuwan untuk mendengarkan saat laser mencapai target.

Editor : Tuty Ocktaviany