Misteri Terungkap! Sinyal Wow Diduga Berasal dari Bintang Mirip Matahari 

Dini Listiyani · Jumat, 20 Mei 2022 - 07:18:00 WIB
Misteri Terungkap! Sinyal Wow Diduga Berasal dari Bintang Mirip Matahari 
Sinyal Wow Diduga Berasal dari Bintang Mirip Matahari (Foto: NAAPO)

JAKARTA, iNews.id -  Para peneliti mungkin telah menunjukkan dengan tepat sumber siaran alien terkenal yang ditemukan hampir setengah abad yang lalu. Di mana sumber suara tersebut?? 

Sinyal Wow masih misterius! Sinyal, yang menggelegar di teleskop radio malam 15 Agustus 1977, mungkin datang dari bintang mirip Matahari yang terletak 1.800 tahun cahaya di konstelasi Sagitarius. 

"Sinyal Wow! dianggap sebagai sinyal radio kandidat SETI terbaik yang kami tangkap dengan teleskop kami," kata Alberto Caballero, seorang astronom amatir kepada Live Science.  

Menurut NASA, SETI, atau search for extraterrestrial intelligence adalah bidang yang telah mendengarkan kemungkinan pesan dari makhluk teknologi dunia lain sejak pertengahan abad ke-20.  

Muncul selama pencarian SETI di teleskop Ohio State University's Big Ear, Wow! Signal sangat kuat tetapi sangat singkat, hanya berlangsung 1 menit dan 12 detik, menurut laporan yang ditulis oleh penemunya, astronom Jerry Ehman, untuk menghormati ulang tahunnya yang ke-30. 

Setelah melihat cetakan sinyal anomali, Ehman menulis "Wow!" di halaman, memberi nama penemuan tersebut. Teleskop Big Ear yang sekarang didekonstruksi mencari pesan pada pita frekuensi elektromagnetik 1420,4056 megahertz, yang dihasilkan oleh unsur hidrogen. 

"Karena hidrogen adalah unsur yang paling melimpah di alam semesta, ada logika yang bagus untuk menduga bahwa peradaban cerdas di dalam galaksi Bima Sakti kita yang ingin menarik perhatian ke dirinya sendiri mungkin memancarkan sinyal suar pita sempit yang kuat pada atau di dekat frekuensi garis hidrogen netral. ," tulis Ehman dalam laporan ulang tahunnya sebagaimana dikutip dari Live Science.  

Sejak itu, para peneliti telah berulang kali mencari tindak lanjut yang berasal dari tempat yang sama, tetapi ternyata kosong, menurut sejarah dari American Astronomical Society. Wow! Sinyal kemungkinan besar datang dari semacam peristiwa alam dan bukan alien, kata Caballero kepada Live Science, meskipun para astronom telah mengesampingkan beberapa kemungkinan asal seperti komet yang lewat. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: