NASA Bagikan Gambar Pendaratan OSIRIS-REx di Asteroid Bennu

Dini Listiyani ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 12:08:00 WIB
NASA Bagikan Gambar Pendaratan OSIRIS-REx di Asteroid Bennu
Pesawat luar angkasa OSIRIS-REx (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Pesawat luar angkasa OSIRIS-REx berhasil menyelesaikan touch and go (TAG) dengan asteroid Bennu. Dalam prosesnya, pesawat berhasil mengumpulkan sampel regolith.

Sekarang, sampel regolith akan dibawa kembali ke Bumi untuk diperiksa oleh para ilmuwan. Hari ini, NASA memperlihatkan bagaimana manuver itu dilihat dari perspektif OSIRIS-REx, dengan membagikan 82 gambar dari alat pencitraan SamCam.

Menurut NASA, gambar tersebut mendokumentasikan sekitar lima menit OSIRIS-REx turun ke arah Bennu, termasuk saat bersentuhan dengan planetoid. Di seluruh rangkaian, OSIRIS-REx yang diberi nama Touch-And-Go Sample Acquisition Mechanism (TAGSAM) terlihat dalam bingkai.

Dikutip dari Engadget, NASA mengatakan, komponen itu adalah satu-satunya bagian dari pesawat yang menyentuh asteroid. Gambarnya mungkin tidak terlihat banyak, tapi dalam Q&A media, agensi tersebut mengisyaratkan mereka sudah belajar banyak tentang permukaan Bennu hanya dari fakta OSIRIS-REx menciptakan begitu banyak puing selama event tersebut.

Editor : Dini Listiyani