NASA Berhasil Rampungkan Uji Bahan Bakar Roket Artemis 1, Target Meluncur 27 September 

Dini Listiyani · Kamis, 22 September 2022 - 13:00:00 WIB
NASA Berhasil Rampungkan Uji Bahan Bakar Roket Artemis 1, Target Meluncur 27 September 
NASA Berhasil Rampungkan Uji Bahan Bakar Roket Artemis 1 (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Upaya peluncuran Artemis 1 berikutnya dilakukan paling cepat minggu depan. Mengingat, NASA telah memenuhi semua tujuan yang ditetapkan untuk mempertimbangkan keberhasilan uji bahan bakar roketnya. 

NASA harus menguji penambahan bahan bakar super-dingin ke tangki Space Launch System's untuk mengonfirmasi perbaikan yang telah dilakukan setelah membatalkan upaya peluncuran kedua misi pada akhir Agustus. 

Tim darat di Kennedy Space Center melihat kebocoran hidrogen terus-menerus yang memengaruhi salah satu bahan bakar di SLS pada saat itu. Dan, mencoba memperbaikinya tiga kali sehari, sebagaimana dikutip dari Space.com.

Pada akhirnya, tim tidak berhasil dan memutuskan untuk menunda misi. Tim menentukan beberapa hari kemudian kebocoran dipicu ketika tangki pendorong inti roket SLS mengalami overpressurization singkat. 

Untuk mencegah insiden yang sama terjadi, tim menyesuaikan prosedur pengisian tangki roket dengan propelan, dan melibatkan transisi suhu dan tekanan lebih lambat untuk mencegah perubahan cepat yang dapat menyebabkan kebocoran. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda