NASA Hidupkan Kembali Instrumen Penting di Hubble

Dini Listiyani · Rabu, 24 November 2021 - 15:12:00 WIB
NASA Hidupkan Kembali Instrumen Penting di Hubble
NASA Hidupkan Kembali Instrumen Utama Hubble (Foto: Ist)

SAN FRANCISCO, iNews.id - NASA telah mengumumkan mereka bekerja untuk membawa teleskop luar angkasa Hubble sepenuhnya online dan kembali ke operasi sains normal. Badan antariksa mengonfirmasi instrumen Wide Field Camera 3 berhasil ditemukan pada Minggu, 21 Nomber.

NASA berencana untuk melakukan pengamatan sains pertama menggunakan Wide Field Camera 3 yang dipulihkan pada hari ini, 23 November. Kamera yang dipulihkan selama akhir pekan adalah instrumen Hubble kedua yang ditemukan sejak teleskop ruang angkasa masuk ke mode aman pada 23 Oktober, dan pengamatan ditangguhkan pada 25 Oktober.

Instrumen utama pertama yang ditemukan adalah Kamera Lanjutan untuk Survei, dipilih karena NASA percaya itu memiliki masalah sesedikit mungkin jika pesan sinkronisasi tambahan hilang. Hilangnya pesan sinkronisasi inilah yang menempatkan teleskop ke mode aman pada 25 Oktober.

Wide Field Camera 3 dipilih untuk pemulihan di depan instrumen lain di atas Hubble karena merupakan instrumen yang paling banyak digunakan di teleskop, sebagaimana dikutip Slash Gears.

Kamera menghitung lebih dari sepertiga waktu pengamatan. Sebagai bagian dari upaya pemulihan, para insinyur NASA menyiapkan perubahan pada parameter pengoperasian kamera untuk memungkinkannya bertahan dari beberapa pesan sinkronisasi yang terlewat sambil mempertahankan pengoperasian normal. Insinyur mencoba mengeraskan instrumen untuk memungkinkan mereka terus bekerja jika pesan sinkronisasi tambahan terlewatkan di masa mendatang.

Namun, sebelum menerapkan parameter baru ke Wide Field Camera 3, mereka diuji di simulator darat dan pertama-tama akan diterapkan pada Spektrograf Asal Kosmik. Perubahan akan diterapkan pada detektor ultraviolet jauh terlebih dahulu karena sangat sensitif. Insinyur NASA telah mengkonfirmasi bahwa pengujian dan penerapan perubahan akan memakan waktu beberapa minggu.

Tidak ada pesan hilang tambahan yang tercatat sejak NASA mulai memantau masalah ini pada 1 November. Namun, tim teknik mengambil langkah-langkah untuk menjaga perangkat keras di Hubble tetap aman jika pesan sinkronisasi hilang di masa mendatang, sebagaimana dikutip dari Slash Gears.

Halaman : 1 2