NASA Kritik China Usai Puing Roket Seberat 25 Ton Jatuh ke Bumi: Harus Ikuti Praktik Terbaik yang Ada

Dini Listiyani · Senin, 01 Agustus 2022 - 08:00:00 WIB
NASA Kritik China Usai Puing Roket Seberat 25 Ton Jatuh ke Bumi: Harus Ikuti Praktik Terbaik yang Ada
NASA Kritik China Usai Puing Roket Seberat 25 Ton Jatuh ke Bumi (Foto: CGTN)

JAKARTA, iNews.id - Roket pendorong China seberat 25 ton kembali ke Bumi secara tidak terkendali pada Sabtu (30/7/2022). Hal ini dilontarkan pejabat US Defense Department saat mereka menegur China karena tidak membagikan informasi tentang penuruan objek berpotensi berbahaya itu. 

US Space Command dapat mengonfirmasi People's Republic of China (PRC) Long March 5B memasuki kembali Samudera Hindia sekitar pukul 10.45 MDT pada 30/7. "Kami merujuk Anda ke #PRC untuk perincian lebih lanjut tentang aspek teknis masuk kembali seperti potensi penyebaran puing + lokasi dampak," katanya.

Roket Long March 5B digunakan untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa tanpa awak, bernama Wentian, membawa modul kedua dari tiga modul yang dibutuhkan China untuk menyelesaikan stasiun ruang angkasa Tiangong yang baru.

Administrator NASA Bill Nelson mengkritik China di Twitter dengan mengatakan kegagalan untuk membagikan rincian jatuhnya roket itu tidak bertanggung jawab dan berisiko, sebagaimana dikutip dari Telegraph. 

"Semua negara penjelajah luar angkasa harus mengikuti praktik terbaik yang telah ada, dan melakukan bagian mereka untuk membagikan jenis informasi ini sebelumnya untuk memungkinkan prediksi yang andal tentang potensi risiko dampak puing, terutama untuk kendaraan angkat berat, seperti Long March 5B, yang membawa risiko kerugian jiwa dan harta benda yang signifikan," tulisnya. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda