NASA Siapkan Boneka untuk Misi ke Bulan, Ini Tujuannya

Intan Rakhmayanti Dewi · Kamis, 01 Juli 2021 - 18:42:00 WIB
NASA Siapkan Boneka untuk Misi ke Bulan, Ini Tujuannya
NASA Siapkan Boneka untuk Misi ke Bulan, Ini Tujuannya (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - NASA sedang mempersiapkan tiga boneka untuk diuji coba dalam misi Artemis 1.  Boneka tersebut terdiri atas manekin bertubuh laki-laki dan dua lainnya perempuan. 

Tubuh menekin ini dibuat dengan bahan yang mensimulasikan hal-hal yang menyerupai manusia, seperti kulit, tulang, dan organ. Mengutip laman Mashable, Kamis (1/7/2021), lewat menekin ini akan memberi para ilmuwan data penting dan inklusif tentang radiasi untuk astronot Artemis masa depan pada tahun 2023 dan seterusnya.

NASA memberikan nama untuk boneka tersebut yakni Commander Moonikin Campos. Nama itu dipilih melalui jajak pendapat publik yang menerima lebih dari 300.000 suara.

Nama belakang Campos diambil untuk menghormati Arturo Campos yang membantu mengarahkan astronot Apollo 13 dengan selamat kembali ke Bumi setelah tangki oksigen gagal di pesawat ruang angkasa mereka.

Commander Moonikin Campos akan mengenakan setelan lengkap Orion Crew Survival System, sama seperti yang akan dikenakan astronot dalam fase misi Artemis di masa depan.

Campos juga mengenakan beberapa sensor untuk mendeteksi jumlah radiasi yang dapat ditemui astronot di dalam pesawat ruang angkasa Orion.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: