NASA Temukan Water Ice Tersimpan di Mars

Dini Listiyani · Sabtu, 14 Desember 2019 - 06:01 WIB
 NASA Temukan Water Ice Tersimpan di Mars

Mars (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA sedang berusaha kembali ke Bulan sekarang. Tapi badan antariksa Amerika Serikat ini tidak memalingkan perhatiannya dari Mars.

NASA merilis peta harta karun untuk water ice di Mars. Peta menyoroti wilayah yang dikenal sebagai Arcadia Planitia, di mana planet itu tampaknya menyembunyikan endapan es dangkal yang dapat memasok astronot dengan sumber daya air untuk minum dan bahan bakar roket.

Peta Water Ice di Mars (Foto: NASA)

"Anda tidak akan membutuhkan backhoe untuk menggali es ini. Anda bisa menggunakan sekop," kata Sylvain Piqueux dari NASA sekaligus penulis utama paper mengenai es air yang diterbitkan minggu ini di jurnal Geophysical Research Letters yang dikutip dari Cnet, Sabtu (14/12/2019).

Para peneliti menarik data dari pengamatan yang dilakukan oleh Mars Reconnaissance Orbiter dan pesawat luar angkasa Mars Odyssey untuk membuat peta. Air di Mars sulit diangkut, terutama mengingat jarak yang sangat jauh dalam perjalanan ke Planet Merah tersebut.

Lebih mudah untuk menambang air langsung dari planet setelah manusia datang. NASA sendiri bukan satu-satunya kelompok luar angkasa yang mengamati wilayah Arcadia di Mars.

SpaceX, perusahaan luar angkasa swasta, juga telah menargetkan area Arcadia sebagai kemungkinan lokasi pendaratan untuk misi Starship di masa depan.