NASA Tunda Spacewalk ISS karena Masalah Kesehatan Astronot

Dini Listiyani · Rabu, 25 Agustus 2021 - 10:15:00 WIB
 NASA Tunda Spacewalk ISS karena Masalah Kesehatan Astronot
NASA Tunda Spacewalk ISS karena Masalah Kesehatan Astronot (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Astronot NASA Mark Vande Hei dan Akihiko Hoshide dari JAXA bersiap untuk pergi ke luar International Space Station (ISS) pada Selasa (24/8/2021). Rencananya, mereka akan spacewalk namun tidak terjadi karena masalah medis yang melibatkan Hei. 

NASA Mengumumkan penundaan itu pada Senin lalu. Agensi tidak mengungkapkan rincian masalah medis. Tapi, badan antariksa itu mengatakan masalah tersebut bukan keadaan darurat. 

Vande Hei dan Hoshide sedang bersiap-siap untuk spacewalk selama hampir 7 jam yang dirancang untuk mempersiapkan stasiun untuk pemasangan susunan surya baru. 

"Perjalanan antariksa bukan time-sensitive dan anggota kru terus bergerak maju dengan pekerjaan dan aktivitas stasiun lainnya," kata NASA. Badan tersebut sedang mencari penjadwalan ulang pekerjaan setelah peluncuran pesawat ruang angkasa kargo SpaceX pada 28 Agustus dan setelah beberapa perjalanan ruang angkasa Rusia yang direncanakan.

Vande Hei adalah veteran ISS dan spacewalk yang sebelumnya menghabiskan waktu di stasiun itu pada 2017 dan 2018. Dia tiba di ISS pada April untuk misi enam bulan, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: