NASA Ungkap Kemungkinan Kehidupan Bisa Bertahan di Planet Mengorbit Black Hole

Dini Listiyani ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 05:35 WIB
NASA Ungkap Kemungkinan Kehidupan Bisa Bertahan di Planet Mengorbit Black Hole

Supermassive black hole berada di tengah galaksi (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Tumbuhan, manusia, hewan, dan sebagian besar organisme lain di Bumi bergantung pada Matahari. Tapi, bisakah kehidupan berkembang di planet yang mengorbit black hole yang gelap?

Peneliti NASA telah menerbitkan sebuah studi baru yang mengeksplorasi kemungkinan makhluk hidup bertahan di dunia yang mengorbit supermassive black hole. Para ahli NASA mulai dengan mempertimbangkan apa yang akan terjadi jika Matahari berubah menjadi black hole.

Para ahli NASA menyimpulkan tidak akan menjadi bencana yang cukup besar bila Matahari berubah menjadi black hole. "Sisi positifnya, kita tahu Bumi tidak akan tersedot," tulis mereka dalam paper yang diterbitkan di website Arxiv.

Lalu bagaimana dari segi negatifnya? Di sisi negatifnya, Matahari menyediakan hampir semua energi yang diperlukan kehidupan di Bumi untuk bertahan hidup. "Tanpa flux panas yang konstan, lautan kemungkinan akan membeku dalam hitungan hari," katanya.

Suhu menjadi pertimbangan penting agar sebuah planet dapat dihuni. Jika terlalu jauh dari bintang atau mengorbit obyek yang tidak menghasilkan panas cukup, maka air akan membeku. Alhasil, kehidupan akan sulit untuk bertahan.

Saat sebuah planet terlalu dekat dengan bintang, planet juga tidak akan ramah kehidupan. Namun, black hole terkadang dikelilingi oleh hot accretion disk yang menghasilkan panas.

"Kita juga tahu banyak black hole astrofisika dapat menyediakan sumber energinya sendiri. Faktanya, untuk sebagian besar black hole yang dapat diamati, power ini melebihi apa pun yang dapat diperoleh dari nuclear fusion
dengan perintah besarnya. Jadi, secara alami orang dapat membayangkan mengganti Matahari dengan black hole mungkin bukan akhir dari kehidupan di Bumi," kata ilmuwan NASA yang dikutip dari Metro.co.uk, Senin (7/10/2019).

Sayangnya, sisa penelitian NASA bukanlah berita baik bagi siapa pun yang membayangkan tinggal di dekat dark sun. Pertama, ada kemungkinan planet akan terkunci secara rapi, artinya selalu menghadap black hole dibanding berputar seperti Bumi.

Jika sebuah dunia alien dekat dengan accretion disk, maka akan dibombardir dengan radiasi, kecuali penghuninya cukup maju untuk membangun semacam shield raksasa. Supaya bisa dihuni namun masih dipanaskan oleh accretion disk raksasa, planet harus sangat jauh dari black hole.