NASA Ungkap Rencana Peluncuran VIPER, Robot Bulan Mobile Pertama

Dini Listiyani · Jumat, 21 Mei 2021 - 06:41:00 WIB
NASA Ungkap Rencana Peluncuran VIPER, Robot Bulan Mobile Pertama
VIPER (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA berencana mengirim Volatiles Investigating Polar Exploration Rover (VIPER) ke Bulan pada 2023. VIPER akan menjadi robot mobile pertama dan ditugaskan untuk menjelajah area paling ekstrem di permukaan Bulan.

VIPER akan menjadi penjelajah pertama yang memiliki fitur headlights. Menurut NASA, VIPER akan menjadi alat utama untuk menjelajah wilayah gelap Bulan, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Jumat (21/5/2021).

Badan antariksa mencatat, daerah bayangan permanen permukaan Bulan telah tersembunyi dari sinar Matahari selama miliaran tahun, melindungi misteri dan sumber daya yang baru mulai dieksplorasi umat manusia. 

NASA berencana untuk meluncurkan robot mobile menjelang akhir 2023. Setelah tiba, penjelajah kecil itu akan mencari kawah Bulan menggunakan empat instrumen, termasuk bor es, palu, spektrometer massa, dan spektrometer inframerah dekat. 

VIPER menggantikan Prospektor Sumber Daya yang dibatalkan NASA pada tahun 2018, dan akan lebih siap untuk pekerjaan itu. NASA mengatakan akan menguji versi awal instrumen ini di Bulan sebelum VIPER untuk membantu memastikan mereka akan bekerja seperti yang diharapkan. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: