Peneliti Uji Efektivitas Vaksin Tuberkulosis untuk Lawan Virus Corona

Dini Listiyani ยท Jumat, 03 April 2020 - 12:10:00 WIB
Peneliti Uji Efektivitas Vaksin Tuberkulosis untuk Lawan Virus Corona
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

MENLO PARK, iNews.id - Virus corona (Covid-19) telah menyebar ke seluruh dunia. Para peneliti sedang mengerjakan beberapa solusi potensial untuk melawan Covid-19 yang menginfeksi 1 juta orang lebih di seluruh dunia tapi hingga sekarang belum ada yang pasti.

Guna membantu mempercepat prosesnya, beberapa ilmuwan di seluruh dunia sedang mengeksplorasi vaksin yang lebih tua untuk melihat apakah itu dapat membantu melawan Covid-19. Vaksin yang dimaksud dikenal sebagai Bacille Calmette-Guerin (BCG) dan diperkenalkan pada 1920-an untuk memerangi tuberkulosis.

Alasan para peneliti mengeksplorasi vaksin khusus ini karena BCG tidak seperti vaksin lain yang hanya melindungi terhadap penyakit tertentu. Vaksin BCG juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara umum, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Jumat (3/4/2020).

Sebuah penelitian menemukan ada tingkat kematian 50 persen lebih rendah pada anak-anak yang menerima vaksin dibandingkan dengan yang tidak. Ini merupakan penurunan kematian yang jauh lebih besar yang dapat dijelaskan dengan pengurangan kasus TB.

Kendati demikian, apakah vaksin BCG akan bisa bekerja secara efektif melawan virus corona masih perlu ditinjau lebih jauh lagi. Para peneliti mengatakan mungkin akan membutuhkan waktu berbulan-bulan sebelum mereka mendapatkan hasil dari uji coba.

Untuk diketahui, virus corona telah menyebark ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Kasus positif corona di Indonesia tembus angka hingga seribu lebih. Guna menekan penyebaran virus corona, pemerintah Indonesia meminta warganya untuk tetap tinggal di rumah hingga sementara waktu.

Editor : Dini Listiyani