Negara-Negara G20 Siapkan Rp64 Triliun untuk Percepat Penemuan Vaksin Corona

Muhammad Aulia ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 23:10 WIB
Negara-Negara G20 Siapkan Rp64 Triliun untuk Percepat Penemuan Vaksin Corona

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Negara-negara G20 berkomitmen penuh untuk saling bersinergi dalam menangani penyebaran wabah Covid-19. Salah satunya mengembangkan vaksin atau anti virus corona.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, negara-negara G20 sepakat bersama-sama menemukan vaksin corona yang dikoordinir oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Kemarin dalam pertemuan menteri-menteri keuangan, sudah ada indikatif untuk mengalokasikan 4 miliar dolar AS (Rp64 triliun) yang akan bersama-sama dimobilisasi dari seluruh negara dunia terutama G-20 untuk mengakselerasi penelitian dan menemukan anti virus atau vaksin pandemi Covid-19," katanya melalui video conference, Kamis (26/3/2020).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, negara-negara G20 melihat penyelamatan nyawa manusia sebagai fokus utama dalam menangani wabah Covid-19.

"Ini bukan hanya masalah kesehatan, tapi akan menjadi tragedi kemanusiaan. Saat ini adalah bagaimana seluruh negara di dunia mencoba untuk mengurangi risiko penyebaran dan pencegahan penyebaran,” ucapnya.

Dia menambahkan, begara-negara G20 juga menyoroti ketersediaan alat kesehatan (alkes) di seluruh dunia. Saat ini, negara-negara yang menghadapi masalah virus corona mengalami kekurangan alkes untuk penanganan Covid-19 seperti Alat Pelindung Diri (APD), hand sanitizer, dan masker.

“Saat ini diupayakan IMF dan World Bank akan melakukan dukungan resources agar perusahaan-perusahaan yang menghasilkan itu (alkes) bisa mendapatkan prioritas, sehingga suplai alat kesehatan di seluruh dunia bisa ditingkatkan," tuturnya.


Editor : Rahmat Fiansyah