Penerbangan Keempat Helikopter Mars NASA Gagal karena Masalah Software

Dini Listiyani · Sabtu, 01 Mei 2021 - 05:20:00 WIB
Penerbangan Keempat Helikopter Mars NASA Gagal karena Masalah Software
Helikopter Mars (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Masalah software mencegah helikopter NASA lepas landas untuk penerbangan keempat dan paling ambisius saat ini. Engineers di Jet Propulsion Laboratory (JPL) yang mengawasi misi Ingenuity Mars menggambarkan helikopter itu aman dan sehat. 

Engineer di JPL juga menambahkan, helikopter akan mencoba penerbangan lagi pada Jumat, 30 April. Kecerdasan membuat sejarah pada 19 April ketika menjadi pesawat pertama yang melakukan penerbangan bertenaga dan terkontrol di planet lain. 

Sejak itu, kendaraan mirip drone setinggi 19 inci dengan berat 4 pon itu telah melakukan dua penerbangan lain dengan kompleksitas yang semakin meningkat, sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Sabtu (1/5/2021).

Untuk diketahui, upaya penerbangan pada Kamis gagal akibat masalah software yang pertama kali muncul selama pengujian rotor Ingenuity sebelum penerbangan perdananya, ketika pesawat tidak dapat beralih dari mode "pra-penerbangan" ke "penerbangan". 

Engineer JPL mengirimkan pembaruan ke perangkat lunak Ingenuity dalam hitungan hari. Tapi, mereka mengatakan perbaikan akan memiliki tingkat kegagalan 15 persen yang akan mencegah pesawat memasuki mode penerbangan.

Tim mengatakan akan mencoba penerbangan keempat lagi pada 10:46 a.m. ET (7:46 a.m. PT) pada hari Jumat, dengan data pertama dari Ingenuity diharapkan tiba di pangkalan JPL di California pada 1:39 p.m. ET (10:39 pagi PT).

Penggemar luar angkasa sangat ingin mengetahui apakah Ingenuity dapat melakukan penerbangan keempat dan paling kompleks hingga saat ini dalam atmosfer super tipis Mars.

Meskipun upaya udara pertama helikopter hanya melibatkan hover, pada perjalanan kedua dan ketiga helikopter itu berhasil melintasi permukaan Mars. Penerbangan berikutnya, bagaimanapun, akan melihat Ingenuity terbang lebih cepat dan lebih jauh dari sebelumnya. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2